Share

Edy Mulyadi Diancam Mandau Terbang, Ini Penampakannya Senjata Khas Dayak yang Konon Miliki Jiwa

Tim Okezone, Okezone · Rabu 26 Januari 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 337 2537721 edy-mulyadi-diancam-mandau-terbang-ini-penampakannya-senjata-khas-dayak-yang-konon-miliki-jiwa-1uLg4PJqwY.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA โ€“Seorang tokoh adat Dayak terlihat emosi sambil mengacungkan mandau, senjata tajam khas Tanah Borneo. Pria tersebut sangat kecewa dengan pernyataan Edy Mulyadi yang diduga menghina warga Kalimantan, beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Amarah Pasukan Merah Dayak Meledak, Minta Edy Mulyadi ke Kalimantan untuk Dihukum Adat)

"Kamu mau ini? Saya siap!" tegasnya, dilansir Okezone dari akun Instagram fakta indo, Selasa (25/1/2022).

Dalam tayangan terlihat, mandau tersebut digerakkan tanpa disentuh oleh siapapun. Selanjutnya, video beralih kepada sosok sang tokoh adat yang membacakan tuntutan agar aparat kepolisian segera menangkap mantan caleg PKS tersebut.

"Meminta Mabes Polri agar segera menangkap Edy Mulyadi untuk diproses sesuai hukum yang berlaku," ujar tokoh adat tersebut.

(Baca juga: Edy Mulyadi Hina Kalimantan, Ribuan Masyarakat Dayak Gelar Ritual Potong Babi)

"Apabila dalam 1x24 jam tidak disikapi, maka kami akan mengambil sikap tegas terhadap Edy Mulyadi sesuai dengan cara dan adat budaya yang berlaku di daerah kami,โ€ tegasnya.

Selanjutnya, sejumlah tokoh adat Dayak lainnya yang juga menuntut Edy agar ditindak tegas atas pernyataannya yang dinilai melukai warga Kalimantan.

"Supaya menindak tegas (Edy Mulyadi), karena hal tersebut bersifat rasis dan menyinggung hati dan perasaan kami warga Kalimantan!" tegasnya.

Dilansir dari beragam sumber, senjata mandau berasal dari bahasa Dayak, yakni gabungan dari kata "kuman", yang memiliki arti makan, dan "dohong" yang merupakan pisau belati dari Kalimantan Tengah.

Jika digabungkan, mandau memiliki arti sebagai "makan dohong". Maksudnya, popularitas mandau jauh lebih tinggi ketimbang pisau belati tersebut.

Mandau dibuat dari sebuah batu bernama batu mantikei. Batu ini memiliki unsur logam yang tinggi di dalamnya, membuat mandau begitu kuat dan kokoh jika digunakan.

Keberadaan mandau seperti sebuah keharusan dan sangat penting bagi masyarakat Dayak. Mandau merupakan simbol persaudaraan, simbol kesatria, penjaga, tanggung jawab dan kedewasaan.

Detail bentuk Mandau juga ada fungsinya. Misalnya, hiasan pada badan Mandau untuk mengusir binatang buas, dan lubang-lubang di bilahnya juga punya makna khusus lain.

Konon, mandau juga bernyawa, bertenaga, tapi bisa juga mati suri, atau kosong melompong. Mandau sakti bukan diciptakan, tetapi dia dilahirkan oleh Rahim alam.

Tidak hanya itu, mandau dikatakan juga punya jiwa. Mereka bisa pergi seperti angin, menjadi cahaya, atau kegelapan atau wujud lain dalam bentuk Roh alam yang bersifat melampaui.

Mandau bukan saja baik, sangat baik tetapi bisa juga nakal dan liar; bahkan bisa pergi menghuni wilayah lainnya; tetapi tidak pernah berkhianat pada asalnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini