Share

Bangun Waduk Lebak Bulus untuk Kendalikan Banjir, Anies Usung Konsep Green and Blue

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 24 Januari 2022 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 337 2537073 bangun-waduk-lebak-bulus-untuk-kendalikan-banjir-anies-usung-konsep-green-and-blue-CcA5jYStJH.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Badwedan. (Foto: Instagram)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membangun waduk sebagai pengendali banjir untuk menuntaskan permintaan warga Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Adapun konsep yang digunakan untuk waduk tersebut adalah green and blue, dengan mengedepankan kearifan lokal.

"Konsep pembangunan Waduk Lebak Bulus ini adalah green and blue dengan mengedepankan kearifan lokal. Pembangunan waduk ini merupakan Program Pemprov DKI Jakarta dalam rangka pengendalian banjir di wilayah DKI Jakarta, khususnya di Sistem Kali Grogol," ujar Anies dalam akun Instagram @aniesbaswedan, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Angin Kencang Terjang Sragen, 34 Rumah Rusak dan 27 Pohon Tumbang


Baca juga: Groundbreaking Pembangunan Masjid Baabul Khairat, Anies: Konsepnya Green and Blue dengan Kearifan Lokal

 

Anies menyebut dalam satu kesatuan pembangunan Waduk Lebak Bulus dirinya juga membangun Masjid Baabul Khairat. Tak lain guna menambah ruang interaksi publik.

"Pembangunan Masjid Baabul Khairat ini memiliki arti sangat penting, karena merupakan satu kesatuan dengan Waduk Lebak Bulus yang bertujuan untuk mengendalikan banjir aliran Kali Grogol, dengan mereduksi debit banjir Kali Grogol, sekaligus menambah daerah resapan air dan konservasi, serta menjadi ruang interaksi publik atau masyarakat," ucapnya.

Anies berharap pembangunan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan pemberdayaan ekonomi umat.

"Semoga ikhtiar Pemprov DKI Jakarta dalam rangka pengendalian banjir dengan pembangunan waduk ini berjalan dengan lancar dan sarana ibadah ini nantinya bermanfaat untuk masyarakat luas dan pemberdayaan ekonomi umat. Insya Allah pembangunannya tepat waktu, tepat biaya dan tepat kualitas, sehingga sebelum tahun ini berganti kita sudah bisa bersujud di masjid ini," terangnya.

Lebih lanjut, Anies mengatakan Masjid Baabul Khairat ini adalah aspirasi masyarakat dan jama’ah untuk meningkatkan Musala Baabul Khairat, serta merupakan relokasi dari Masjid Darul Ihsan yg termasuk dalam lokasi waduk. Ia pun mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat terlaksananya pembangunan tersebut.

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada penggagas, pihak pengurus perizinan dan semua yang telah berikhtiar sehingga pelaksanaan acara hari ini berjalan sesuai jadwal dengan baik," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini