Share

3 Kisah Anggota TNI Bantu Ibu Melahirkan hingga Lakukan Persalinan di Tengah Hutan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 25 Januari 2022 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 337 2537056 3-kisah-anggota-tni-bantu-ibu-melahirkan-hingga-lakukan-persalinan-di-tengah-hutan-jlvWw6MPMm.jpg TNI bantu ibu melahirkan di tengah hutan (Foto: Dok TNI)

AKSI heroik anggota TNI patut untuk dicontoh. Tak hanya siap sedia untuk keamanan negara, mereka juga siaga terhadap apa yang terjadi di sekitarnya. 

Membantu ibu-ibu yang tengah melahirkan pun tak luput dari perhatiannya. Berikut beberapa cerita anggota TNI yang sigap membantu ibu-ibu melahirkan:

1. Merauke, Papua 

Seorang prajurit TNI yang bertugas di perbatasan Indonesia-Papua Nugini membantu persalinan ibu Kristin, warga Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Merauke. Persalinan darurat di tengah hutan dilakukan lantaran wilayah tersebut jauh dari fasilitas kesehatan.

Masyarakat harus melewati rawa dengan waktu sekitar 30 menit untuk menuju ke puskesmas. Proses persalinan Kristin dilaksanakan di tempat singgah pondok beratap terpal. Meskipun hanya berbekal peralatan seadanya, Kristin berhasil melahirkan anaknya dalam keadaan sehat.

Baca Juga:  Panglima TNI Pastikan Bakal Pecat Prajurit yang Terlibat Kekerasan Pakai Senjata

Diketahui, Prajurit TNI tersebut adalah personel Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif 123/Rajawali Pos Yakyu.

Tak hanya membantu Kristin, Pamtas Yonif 123/Rajawali Pos Yakyu juga pernah menyelamatkan ibu hamil bernama Novita. Saat itu, Novita merintih kesakitan di bawah pohon pisang pinggiran hutan lantaran hendak melahirkan.

Baca Juga: Daftar 5 Satuan Baru TNI yang Dibentuk Panglima TNI

Akhirnya prajurit TNI Satgas Yonif 123 langsung melaksanakan tindakan medis darurat untuk menyelamatkan nyawa Novita dan bayinya. Melalui peralatan medis seadanya dan penerangan lampu senter, prajurit kesehatan Yonif 123/Rajawali membantu proses persalinan. Peristiwa itu terjadi di Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

2. Jayapura, Papua

Lagi-lagi, kisah personel TNI yang menolong seorang ibu melahirkan viral di media sosial. Pada November 2021, Linda Wonda, warga Komplek Perumahan Organda Distrik Abepura, Kota Jayapura dikabarkan telah melahirkan bayi perempuannya dan diselamatkan oleh 4 personel PNS Korem 172/PWY.

Kala itu, personel Korem sedang melintasi jalan Skyline, Jayapura dan tiba-tiba suami Linda menghadangnya. Suami Linda meminta bantuan karena istri dan anaknya tengah tergeletak di pinggir jalan. Lantas, keempat personel PNS Korem 172/PWY pun membawa Linda dan bayinya ke Rumah Sakit Angkatan Laut di Distrik Hamadi, Kota Jayapura untuk mendapatkan penanganan medis.

3. Trenggalek, Jawa Timur

Pada April silam, anggota Koramil Gandusari, Trenggalek berhasil menyelamatkan seorang ibu yang hendak melahirkan. Diketahui, peristiwa terjadi saat anggota tersebut melintas di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari dan mendengar suara wanita meminta tolong dari sebuah rumah.

Setelah dicari, ternyata wanita tersebut bernama Purwaningtyas Budiarti yang tengah melahirkan di kamar mandi. Sontak, mereka membantu persalinan Purwaningtyas dengan memanggil bidan dan ambulans puskesmas.

Beberapa anggota lain menolong Purwaningtyas dan bayi perempuannya agar tidak mengalami hipotermia. Alhasil, Purwaningtyas bersama bayinya selamat dan dalam keadaan sehat.

Dilansir dari berbagai sumber/Pratitis Nur Kanariyati/Litbang MPI

 

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini