Share

Minimalkan Komplain Masyarakat, Polri Manfaatkan Teknologi Informasi dalam Layani Publik

Kiswondari, Sindonews · Senin 24 Januari 2022 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 337 2536967 minimalkan-komplain-masyarakat-polri-manfaatkan-teknologi-informasi-dalam-layani-publik-Eli3VBRvpA.jpg Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto : Ist)

JAKARTAPolri terus memperbanyak layanan berbasis online guna mengurangi komplain dari masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian. Masyarakat pun menjadi lebih mudah mengakses layanan publik tanpa harus mengenal terlebih dulu anggota Polri guna mendapatkan pelayanan yang baik.

Hal ini disampaikan Kapolri dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022).

“Meminimalkan komplain masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian. Polri berupaya untuk menggunakan teknologi informasi dalam pelayanan publik. Masyarakat akan lebih mudah untuk mengakses pelayanan kepolisian kapan saja dan di mana saja, serta masyarakat tidak perlu mengenal anggota Polri utk dapat terlayani dengan baik,” ujar Listyo.

Ia menjelaskan, Polri telah memanfaatkan teknologi informasi pada layanan SIM online, baik perpanjangan dan ujian SIM online di 33 Polda. STNK online, pengesahan STNK tahunan online di 29 Polda. Selanjutnya, Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan denda online di 12 Polda.

Baca Juga : Polri Terima 6.761 Aduan Masyarakat Sepanjang 2021

“SKCK Online di 34 polda dan laporan situasi kamtibmas secara online di 34 polda,” ucapnya.

Menurut Listyo, aplikasi-aplikasi pelayanan publik ini akan mengurangi interaksi anggota Polri dengan masyarakat, memotong birokrasi, dan juga mengurangi potensi penyimpangan dan mencegah penularan pandemi Covid-19.

“Aplikasi ini akan mengurangi interaksi Polri dengan masyarakat dan memotong birokrasi pelayanan sehingga dapat memotong potensi penyimpangan dan tentunya mencegah penularan Covid-19,” tutur Listyo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini