Share

Andika Perkasa Mutasi 4 Peraih Adhi Makayasa, Nomor 4 Jenderal Kopassus Pemilik Gelar Langka

Tim Okezone, Okezone · Senin 24 Januari 2022 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 337 2536825 jenderal-andika-mutasi-4-peraih-adhi-makayasa-nomor-4-jenderal-kopassus-pemilik-gelar-langka-ylNaWf3uDX.jpg Brigjen Lucky Avianto saat masih kolonel/ wikipedia

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, Sabtu (22/1/2022).

Sebanyak 328 personel dari tiga matra mendapatkan penugasan baru. Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa mengatakan, hal ini merupakan sesuatu yang lumrah terjadi dalam militer.

 (Baca juga: Jenderal Kopassus Ini Marah Serda Miskel Ditembak KKB: Selangkah Pun Kami Tidak Mundur!)

"Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI (diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI)," kata Prantara, Minggu (23/1/2021).

Melansir beragam sumber, adapun sejumlah nama yang dimutasi yang diketahui merupakan lulusan terbaik dari Akademi Militer (Akmil). Berikut rangkumannya.

 (Baca juga: Pasukan Elite TNI Pratu Sahdi Tewas Dikeroyok Preman, Mengingat Kembali Janji Serda Ucok Berantas Bromocorah)

1. Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa

Mayjen Nyoman Cantiasa saat ini merupakan Pangdam XVIII/Kasuari, Papua Barat. Sebelumnya, dirinya merupakan lulusan dari Lembah Tidar Magelang.

Mayjen Nyoman Cantiasa juga memiliki rekam jejak militer yang mentereng. Dirinya sempat digembleng di Yonif Linud 328 Dirgahayu/Kostrad, dan pada akhirnya menjadi bagian dari Korps Pasukan Khusus (Kopassus).

Dirinya meniti karier awal di Kopassus sebagai Wadan Sub Tim Den 81 Gultor/Kopassus, hingga akhirnya 2019 lalu, Mayjen Nyoman Cantiasa berhasil menempati posisi Danjen Kopassus.

2. Mayjen TNI Erwin Djatniko

Mayjen Erwin Djatniko adalah peraih Adhi Makayasa Akmil 1992. Saat ini, dirinya dimutasi oleh Andika Perkasa sebagai Wakil Gubernur Akmil.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

3. Kolonel Inf Rudy Saladin

 

Kolonel Rudy Saladin menggantikan Brigjen TNI Achmad Fauzi sebagai Danrem 061/Suryakencana, Bogor. Dirinya juga merupakan salah satu anggota TNI dengan banyak pengalaman.

4. Kolonel Inf Lucky Avianto

Serupa dengan Mayjen Erwin Djatniko, Kolonel Lucky Avianto juga pernah meraih Adhi Makayasa Akmil, tepatnya tahun 1996 silam. Tidak hanya itu, dirinya juga memiliki gelar yang menarik.

Kolonel Lucky Avianto adalah lulusan Terbaik Dikreg XLIX Seskoad pada tahun 2011 dan lulusan terbaik Dikreg XLVI Sesko TNI di tahun 2019. Dia malang melintang di Korps Baret Merah Kopassus.

Sebelumnya, hanya mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Budiman yang merupakan Adhi Makayasa Akmil 1978, lulusan terbaik Seskoad 1994 dan Sesko TNI 2001.

Lucky resmi menyandang pangkat jenderal bintang satu menggantikan Brigjen TNI Moch Zamroni. Nama Zamroni sempat menuai Sorotan ketika terseret dalam konflik antara Anggiat Pasaribu dengan Ibunda Arteria Dahlan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini