Share

Daftar 5 Satuan Baru TNI yang Dibentuk Panglima TNI

Riezky Maulana, iNews · Senin 24 Januari 2022 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 337 2536618 daftar-5-satuan-baru-tni-yang-dibentuk-panglima-tni-dgzWRp1qUY.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa resmi membentuk 2 satuan baru di tubuh TNI. Kedua satuan tersebut adalah Komando Armada (Koarmada) TNI AL dan Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) TNI AU.

Selain dua satuan tersebut, juga terdapat tiga satuan lainnya yang dibentuk Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Pembentukan resmi satuan tersebut tertuang dalam SK Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Andika pada Jumat 21 Januari 2022. Dua perwira tinggi (Pati) pun resmi ditunjuk sebagai komandan baru.

Laksdya TNI Agung Prasetiawan yang ditunjuk sebagai sebagai Pangkoarmada sebelumnya adalah Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal). Sedangkan Pangkoopsudnas dijabat oleh Marsdya TNI Andyawan Martono, sebelumnya menjabat sebagai Danjen Akademi TNI.

"Pangkoarmada dijabat oleh Laksdya TNI Agung Prasetiawan dan Pangkoopsudnas dijabat oleh Marsdya TNI Andyawan Martono," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa dalam keterangannya dikutio, Minggu (23/1/2022).

Baca Juga : Kopassus Lumpuhkan Teroris yang Sandera Pejabat Daerah Cilegon

Dalam Perpres itu juga disebutkan adanya tiga satuan baru TNI. Adapun daftarnya adalah Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI, dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

Kepala Pusat Psikologi TNI dijabat oleh Laksma TNI Wiwin Dwi Handayani. Sebelumnya Wiwin menjabat sebagai Kepala Dinas Psikologi TNI AL atau Kadispsial.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Selanjutnya, Pusat Pengadaan TNI dikepalai oleh Kolonel Infanteri Deki Santoso Pattinaya. Jabatan sebelumnya, Deki menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Pembekalan TNI.

Terkahir, Kolonel Pnb Rudi Faisal ditunjuk Panglima TNI sebagai Kepala Pusat Reformasi Birokrasi TNI. Pada jabatan sebelumnya, Rudi mejabat sebagai Paban VII Reformasi Birokrasi Srenum TNI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini