Share

Kisah Tragis Raja Jayanegara, Ditikam Abdi Dalem hingga Tewas Mengenaskan

Tim Okezone, Okezone · Senin 24 Januari 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 337 2536586 kisah-tragis-raja-jayanegara-ditikam-abdi-dalem-hingga-tewas-mengenaskan-Enlgv1o1zO.jpg foto: ist

MALANG - Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan corak Buddha terbesar di masanya. Namun, kejayaan kerajaan ini berakhir tragis di bawah kepemimpinan raja terakhir mereka, Raja Jayanegara.

(Baca juga: Kisah Raja Majapahit Nikahi Putri Campa Lalu Masuk Islam, Abaikan Nasihat Sabda Palon)

Melansir iNews, Raja Jayanegara mati di tangan abdi dalemnya karena pemberontakan di internal kerajaan. Sebelumnya, Raja Jayanegara berhasil menumpas adanya pemberontakan di kerajaan ini.

Abdi dalem tersebut bernama Kuti. Dirinya mengajak sejumlah abdi dalem lain untuk membelot melawan Raja Jayanegara karena tidak puas atas kepemimpinannya.

(Baca juga: Siasat Cerdik Raden Wijaya Tewaskan 18.000 Tentara Mongol, Diserang Ketika Pesta Mabuk-mabukan)

Kuti beserta abdi dalem lain, yaitu Semi, Pangsa, Wedeng, Juju, Tanca dan Banyak, membuat rencana untuk menghabisi nyawa raja mereka.

Rencana Kuti memang sempat digagalkan oleh Raja Jayanegara. Namun, keinginan abdi dalem lain untuk melakukan pemberontakan tetaplah ada.

Adalah Tanca, yang ikut terlibat dalam perencanaan pembunuhan Raja Jayanegara. Keinginannya baru bisa terwujud 9 tahun kemudian setelah sebuah peristiwa tidak mengenakan terjadi di tubuh kerajaan.

Putri Tribuanarunggadewi dan Rajadewi Maharajasa yang merupakan dua putri keturunan Raja Kertanegara tidak diizinkan menikah oleh Raja Jayanegara, karena mereka berniat dijodohkan.

Kabar ini terdengar ke telinga Tanca. Dirinya diam-diam memberi tahu kejadian ini kepada Patih Gajah Mada. Laki-laki yang menghendaki sang putri disingkirkan Raja Jayanegara.

Raja Jayanegara, yang saat itu tengah terkena penyakit bisul, tidak bisa bergerak dan harus dirawat di kamar tidurnya. Dirinya meminta Tanca untuk mengurusnya di kala sakit.

Mulanya, Tanca benar-benar mengobati bisul Raja Jayanegara. Namun, setelah mengobati sang raja, Tanca justru menikamnya hingga dia tewas.

Peristiwa ini terdengar oleh Patih Gajah Mada. Dirinya marah kepada Tanca, dan membunuhnya. Disinyalir, inilah yang menjadi kemunduran dari Kerajaan Majapahit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini