Share

Kisah Raja Brawijaya V Minum Ginseng dan Ramuan dari China untuk Dapatkan Keturunan

Alvin Agung Sanjaya, Okezone · Senin 24 Januari 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 337 2536494 kisah-raja-brawijaya-v-minum-ginseng-dan-ramuan-dari-china-untuk-dapatkan-keturunan-ppoKZpprCy.jpg Raja terakhir Kerajaan Majapahit Prabu Brawijaya V meminum ginseng dan ramuan dari China untuk mendapatkan keturunan. (Ist)

GELARAN pernikahan Raja Majapahit yang terakhir yaitu Bhre Kertabhumi atau populer dengan nama Prabu Brawijaya V dengan istrinya yang berasal dari China yaitu Dewi Kian ternyata meninggalkan polemik.

Dewi Kian menagih janji kepada Sang Prabu yang sebelumnya diberitahu oleh Prabu Brawijaya V tentang rencana menjadikan Dewi Kian sebagai permaisuri.

"Bukankah Kanda Prabu hendak menjadikan saya sebagai prameswari Kanda Prabu? Janji Kanda Prabu itu bukan angin surga, kan?" kata Dewi Kian.

Prabu Brawijaya V terlihat menahan napas. Tak lama kemudian ia mengambil napas panjang pertanda sedang memikirkan sesuatu yang berat.

Dewi Kian segera menyambung ucapannya, "Apakah Kanda Prabu merasa keberatan menjadikan saya sebagai permaisuri? Apakah Kanda Prabu merasa takut kepada Ratu Dewi Dwarawati yang saat ini masih satu-satunya permaisuri Kanda?"

"Dewi, bukankah kita masih belum lama melangsungkan pernikahan? Sebaiknya kita nikmati saja awal perkawinan kita ini," jawab Prabu Brawijaya V seperti telah lupa terhadap janjinya.

Prabu Brawijaya V tampaknya memang tak begitu mempedulikan terhadap janjinya kepada Dewi Kian. Ia yang sebenarnya boleh dibilang tidak muda lagi itu benar-benar kerasan tinggal bersama Dewi Kian.

Baca Juga : Kisah Dewi Andongsari Bunuh Diri karena Rasa Bersalah kepada Gajah Mada

Karena sadar dirinya tak muda lagi, ia tak henti-hentinya minum ginseng dan ramu-ramuan dari akar-akaran yang disediakan pelayan istana untuk menunjang kesegaran staminanya.

Hasilnya memang di luar dugaan. Sebulan kemudian, Dewi Kian tak mendapatkan 'tamu'-nya lagi pertanda bahwa ia sedang hamil.

"Sudah sebulan ini saya tidak datang bulan. Berarti saya sudah hamil, Kanda Prabu Ya, saya sudah mengandung calon anak Kanda Prabu," ujar Dewi Kian seperti kegeringan.

Prabu Brawijaya V kemudian mendekati istrinya, lalu tangannya meraba-raba perutnya. Sambil mengelus-elus pelan, Sang Baginda berkata, "Ya...semoga engkau laki-laki, putraku".

Sumber: Buku Brawijaya Moksa Detik-Detik Akhir Perjalanan Hidup Prabu Majapahit

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini