Share

Isu Raja Salman Meninggal Dunia Beredar, Konjen Haji Jeddah: Itu Berita Bohong

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Minggu 23 Januari 2022 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 337 2536459 isu-raja-salman-meninggal-dunia-beredar-konjen-haji-jeddah-itu-berita-bohong-wRtOnG5hys.jpg Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Kabar mengenai meninggalnya Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz beredar di beberapa media pada Minggu (23/1/2022). Sejauh ini belum ada bantahan ataupun konfirmasi dari sumber Pemerintah Arab Saudi maupun media resmi Kerajaan terkait berita ini.

BACA JUGA: Beredar Isu Raja Salman Meninggal Dunia, Konjen Jeddah: Saya Belum Dengar

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali membantah isu meninggalnya Raja Salman tersebut. Ia menuturkan bahwa yang meninggal bukanlah Raja Salman melainkan Princess Shitah binti Jalwi bin Suud bin Abdulaziz.

“Nggak ada itu bohong, saya search di Twitter resmi dewan Kerajaan yang meninggal bukan Raja Salman tapi ada satu princess (putri) namanya yang meninggal princess Shitah binti Jalwi bin Suud bin Abdulaziz,” kata Endang kepada MNC Portal Indonesia (23/1/2022).

Ini bukan pertama kalinya Raja Salman bin Abdulaziz dikabarkan meninggal dunia. Sebelumnya isu mengenai Raja Salman meninggal dunia beredar pada Maret 2021 melalui pesan WhatsApp.

BACA JUGA: Raja Salman Dikabarkan Meninggal Dunia, Media Iran: Simpang Siur

"Innalilahi Wainna Ilaihi Rajiun Telah meninggal Dunia Raja *Salman Bin Abdul Aziz Al Saud* Semoga

Almarhum diberikan tempat yang terbaik di Sisi Allah Yang Maha Kuasa. Amin Ya Rabbal Alamin," demikian bunyi narasi pesan itu.

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut kabar itu terbukti tidak benar. Saat itu Kerajaan Arab Saudi menepis hoaks meninggalnya Raja Salman dengan merilis sejumlah foto sang raja sedang menjalankan tugas kerajaan. Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) mengunggah foto-foto Raja Salman yang memimpin upacara pelantikan Duta Besar Saudi yang baru diangkat ke Ukraina dan Uruguay.

Selang beberapa bulan kemudian, tepatnya pada Juli, kabar meninggalnya Raja Salman kembali muncul. Kali ini melalui media sosial Facebook. Pemilik akun Facebook, Reza Fauzan mengunggah tiga artikel yang menyebut penguasa Arab Saudi, Raja Salman telah mangkat. Bahkan, di postingan sebelumnya, pada hari yang sama, Reza Fauzan telah memaparkan penyebab kematian Raja Salman, yakni karena kopi.

Namun, lagi-lagi setelah ditelusuri kabar itu terbukti sebagai hoaks karena faktanya Raja Salman hanya masuk rumah sakit untuk menjalani sejumlah tes terkait kolesistitis atau peradangan pada kantong empedu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini