Share

Kisah 2 Wanita Cantik Istri Raja Brawijaya V, dari Thailand dan China

Alvin Agung Sanjaya, Okezone · Minggu 23 Januari 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 337 2536314 kisah-2-wanita-cantik-istri-raja-brawijaya-v-dari-thailand-dan-china-mDzUQEM1Lh.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

RAJA Majapahit yang mulai memakai nama Brawijaya sebagai pengingat akan pendiri kerajaan itu, yakni Raden Wijaya.

Lalu muncul nama Bhre Kertabhumi atau Brawijaya V (1468 -1478), sosok yang diyakini sebagai raja terakhir Majapahit.

Prabu Brawijaya V memiliki 2 (dua) istri cantik jelita. Satu diantara istrinya dikenal dengan nama puteri Cempa karena berasal dari Kerajaan Cempa di Thailand. Nama populer nya ialah Dewi Dwarawati

Sedangkan yang satunya lagi ialah calon permaisuri baru dari Prabu Brawijaya V yang berasal dari negeri tirai bambu China yang bernama Dewi Kian.

Dikutip dari buku Brawijaya Moksa Detik-Detik Akhir Perjalanan Hidup Prabu Majapahit, Prabu Brawijaya benar-benar melangsungkan perkawinannya kepada Dewi Kian dari Negeri China.

Melihat sosok Dewi Kian seolah-olah hampir mirip dengan Ratu Dewi Dwarawati. Keduanya sama-sama bukan orang Jawadwipa asli, melainkan sama-sama dari manca negara; yang satu dari Negeri China, sedang yang lain dari Negeri Cempa (Thailand).

Matanya pun sama-sama sipit, apalagi ditambah dengan warna kulitnya yang kuning langsat keputih-putihan, makin menambah figur yang khas bagi keduanya. Wajarlah jika Prabu Brawijaya V tergila-gila kepada Dewi Kian yang memang ada kemiripan dengan permaisurinya Ratu Dewi Dwarawati. Hanya saja ada perbedaan menonjol soal keyakinan agama, kalau Dewi Dwarawati adalah seorang muslimah, tetapi Dewi Kian seorang penganut Budha.

Pada saat pesta perkawinan berlangsung, Prabu Brawijaya V duduk berdampingan dengan Dewi Kian. Meski Sang Baginda Raja sudah terlihat sepuh sedang Dewi Kian masih sangat belia, namun keduanya nampak seperti pasangan yang sepadan.

Pada pesta perkawinan itu, Ratu Dewi Dwarawati menyempatkan datang untuk memberikan ucapan selamat. Ketika ia sudah mendekat, Prabu Brawijaya V menoleh kepada Dewi Kian,"Perkenalkan ini istriku Dewi Dwarawati, putri Raja Cempa".

Saat menjabat tangan Dewi Kian untuk memberikan ucapan selamat, sorot mata Ratu Dewi Dwarawati menatap tajam kepada Dewi Kian. "Selamat ya atas pernikahan kalian" kata Ratu Dewi Dwarawati membuat cemas hati Dewi Kian.

Pertemuan singkat antara Ratu Dewi Dwarawati dengan Dewi Kian tersebut membawa kesan kuat pada masing-masing. Dewi Dwarawati mendengar selentingan kalau Dewi Kian akan diangkat menjadi permaisuri Raja, sedangkan Dewi Kian pun juga mengetahui kalau posisi permaisuri Raja sekarang dipegang oleh Ratu Dewi Dwarawati.

Dengan demikian, keduanya seperti sedang berperang urat syaraf, meski tak melontarkan perkataan, tetapi keduanya seperti saling tikam untuk menjatuhkan satu sama lain. Entahlah, siapa di antara keduanya yang bakal menjadi pemenang dalam persaingan menjadi permaisuri Raja Majapahit.

Sumber: Buku Brawijaya Moksa Detik-Detik Akhir Perjalanan Hidup Prabu Majapahit

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini