Share

Letjen Agus Subiyanto Pernah Bela Anak Buah Ketika Jabat Danpaspampres

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 22 Januari 2022 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 337 2536165 letjen-agus-subiyanto-pernah-bela-anak-buah-ketika-jabat-danpaspampres-jKOE5Nr36U.jpg Letjen TNI Agus Subiyanto (Foto: istimewa)

JAKARTA - Letnan Jenderal (Letjen) TNI Agus Subiyanto diberikan amanah oleh Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, untuk menduduki jabatan baru sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad).

Agus Subiyanto diangkat menjadi Wakasad sejak, 21 Januari 2022.

Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang telah ditandatangani Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.

Sebelumnya, Agus Subiyanto merupakan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi. Ia mulai menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi sejak Agustus 2021 menggantikan Mayjen Nugroho Budi Wiryanto.

Jenderal bintang tiga yang akan mendampingi KSAD Dudung Abdurrachman ini juga pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Dan Paspampres). Agus menjadi komandan pelindung Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak November 2020 hingga Agustus 2021.

Baca juga: Ditunjuk Jadi Wakasad, Mayjen TNI Agus Subiyanto Berharta Rp714 Juta

Nama Agus Subiyanto sempat ramai diperbincangkan ketika dia membela anak buahnya di Paspampres, Praka Izroi Gajah yang terlibat cekcok dengan petugas kepolisian di pos penyekatan PPKM di daerah Daan Mogot, Jakarta Barat.

Baca juga: Hidup Sebatang Kara, Nenek Asih Menangis saat Diberi Sembako oleh Jenderal Bintang Dua

Pria kelahiran Pangandaran, Jawa Barat ini juga pernah menjabat sebagai Komandan Korem 061/Suryakencana dan Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri. Agus juga pernah menjabat sebagai Komandan Korem 132/Tadulako selama sekira setahun.

Jenderal bintang tiga ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1991 ynag berpengalaman dalam infanteri (Kopassus). Ia pernah tergabung dalam Operasi Tinombala untuk memburu jaringan Mujahidin Indonesia Timur di Poso.

Baca juga: Panglima TNI Tunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini