Share

7 Fakta Kecelakaan Maut di Balikpapan, Anak Berusia 4 Tahun Selamat

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 22 Januari 2022 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 337 2535996 7-fakta-kecelakaan-maut-di-balikpapan-anak-berusia-4-tahun-selamat-KwP2WYgKnT.jpg Kecelakaan maut di Balikpapan (Foto : Tangkapan layar video)

JAKARTA - Kecelakaan maut yang terjadi di Balikpapan menelan korban jiwa. Semua korban telah dibawa ke tiga rumah sakit terdekat.

"Update terakhir di lapangan yang meninggal dunia 4 orang, 1 orang masih kritis," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Berikut 5 fakta terkait kecelakaan lalu lintas di simpang Balikpapan:

1. Kecelakaan Balikpapan di Simpang Rapak Bukan Pertama Kali

Kecelakaan di Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur telah beberapa kali terjadi. Hal ini dikatakan oleh Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo.

Pihak kepolisian pun telah melakukan beberapa upaya untuk menekan angka kecelakaan yang terjadi di daerah ini, salah satunya adalah dengan membuat larangan bagi kendaraan berat untuk melintasi daerah tersebut pukul 06.00 hingga 21.00 WITA.

2. Warga Keluhkan Jam Operasional Truk

Menurut penuturan warga sekitar lokasi kejadian, insiden kecelakaan akibat truk rem blong ini sudah sering terjadi di Kota Balikpapan. Warga mengeluhkan operasional truk tronton di jam-jam sibuk kegiatan masyarakat.

Padahal sudah ada aturan soal pembatasan jam operasional truk muatan di Balikpapan.

Baca Juga : Kecelakaan Maut di Balikpapan, Sopir Truk Tronton Resmi Ditetapkan Tersangka

3. Kronologi Kecalakaan Balikpapan di Simpang Rapak

Informasi yang dihimpun Okezone, Jumat (21/1/2022). Kecelakaan itu bermula disaat Muhammad Ali (48) mengendarai truk tronton bernomor polisi KT 8534 AJ dengan muatan kontener 20 fit yang berisikan kapur dengan berat 20 ton yang hendak di antar ke Kampung Baru, Balikpapan Barat.

Namun sesampai di depan Rajawali Foto Km0,5 Ali sudah mulai mengurangi porsneling dari 4 ke 3 dan sesampai di depan Bank Mandiri rem sudah tidak berfungsi dan truck meluncur laju dan menabrak puluhan kendaraan yang ada di lampu merah Muara Rapak. Dan seingat sopir, yang pertama kali di tabrak adalah pengendara sepeda motor.

Adapun kerusakan yakni lampu merah roboh, pagar pembatas rusak, mobil 6 unit rusak, dan sepeda motor 14 unit. Dan untuk sementara para korban di bawa ke RSU Khanujoso dan RSU Beriman.

4. Menewaskan 4 Orang dan 1 Kritis

Polisi memperbaharui jumlah korban meninggal dunia yang diakibatkan dari kecelakaan maut di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Sejauh ini, ada empat korban yang telah dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan, satu diantaranya ternyata masih dalam kondisi kritis.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, data terbaru itu berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Polda Kalimantan Timur.

"Update terakhir di lapangan yang meninggal dunia 4 orang, 1 orang masih kritis," kata Dedi dikonfirmasi MNC Portal Indonesia.

5. Jasa Raharja Jamin Santunan Korban

PT Jasa Raharja akan memberikan santunan seluruh korban yang mengalami kecelakaan lalu lintas di simpang perempatan traffic light Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Kaltim, mencatat kecelakaan yang diduga rem blong truk kontainer mengakibatkan empat orang warga yang meninggal dunia, dan belasan lainnya mengalami luka-luka.

Pihak Jasa Raharja berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Kaltim dan meninjau lokasi kejadian serta mendatangi rumah sakit rujukan untuk melakukan pendataan kepada seluruh warga yang menjadi korban untuk diberikan santunan.

6. Sopir Truk Jadi Tersangka

Satlantas Polresta Balikpapan menetapkan sopir truk tronton MT (50) sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang menewaskan 4 warga di kawasan Muara Rapak pada Jumat (21/1/2022).

Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), kecelakaan terjadi akibat rem truk kontainer pengangkut kapur penjernih air mengalami blong.

7. Anak Berusia 4 Tahun Selamat

Seorang anak selamat dari kecelakaan beruntun di Balikpapan, Kalimantan Timur di Simpang Muara Rapak, Jumat (21/1/2022).

Sebanyak empat orang tewas sementara belasan orang lainnya mengalami luka-luka dalam kecelakaan maut tersebut.

Saat ini AS (4) masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Ibnu Sina, Balikpapan. (aky)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini