Share

Daftar 4 Kecelakaan Maut Akibat Rem Blong, Semuanya Libatkan Truk

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 21 Januari 2022 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 337 2535855 daftar-4-kecelakaan-maut-akibat-rem-blong-semuanya-libatkan-truk-WlhFbqCr0S.jpg Kecelakaan truk tronton di Balikpapan, Kalimantan Timur (Foto: Tangkapan layar)

KECELAKAAN lalu lintas akibat rem blong kerap terjadi di Indonesia. Hal ini jelas membahayakan karena tidak berfungsinya rem dapat mengakibatkan nyawa orang terenggut.

Berikut kasus kecelakaan maut akibat rem blong hingga menelan korban jiwa dirangkum dari berbagai sumber:

1. Balikpapan, Kalimantan Timur 

Truk tronton bernomor polisi KT-8534-AJ diduga mengalami rem blong pada Jumat 21 Januari 2022 sekitar pukul 06.19 waktu setempat. Diketahui, truk muatan kontainer itu hendak menuju Kampung Baru, Balikpapan Barat guna mengantar kapur pembersih air seberat 20 ton.

Baca Juga: Update Korban Kecelakaan Maut di Balikpapan: 4 Tewas dan 1 Kritis

Saat di perjalanan, rem truk ternyata blong. Tak dapat menahan laju, truk tersebut menabrak sejumlah sepeda motor dan mobil yang tengah berhenti menunggu antrian lampu merah di Muara Rapak, depan pusat perbelanjaan Ramayana.

Terdapat 4 korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Sementara itu, 1 orang kritis dan 14 orang lainnya mengalami luka-luka.

2. Jombang, Jawa Timur 

Senin 10 Januari 2022, truk trailer bernomor polisi H 1508 MF mengalami rem blong dan menabrak 2 mobil serta 2 sepeda motor. Kala itu truk melaju di Jalan Raya Prof Muh Yamin, tepatnya dari arah Diwek ke Kecamatan Jombang.

Baca Juga: Satpam Sekolah di Bogor Tewas Terpental Usai Tertabrak Truk

Diketahui, sebelumnya sopir truk telah memberikan isyarat kepada pengendara yang berhenti di lampu merah Pandanwangi untuk menghindar. Namun nahas, kecelakaan beruntun terjadi. Akibat peristiwa itu, Andi Rahmawan (39), pengemudi motor PCX tewas lantaran tergilas mobil yang melaju. 

3. Salatiga, Jawa Tengah

Kecelakaan truk akibat rem blong terjadi di perempatan Kecandran, Jalan Lingkar Salatiga (JLS), Jawa Tengah, pada Senin 2 Januari 2022. Truk yang dikemudikan Senawi (48) tengah melaju dari arah Solo menuju Semarang.

Akibat rem yang blong, truk tangki menabrak 5 kendaraan di depannya. Pada saat itu, kondisi lampu lalu lintas berwarna merah sehingga terjadilah kecelakaan beruntun yang tak dapat dihindari. Akibat kecelakaan itu, Tjasmito (41) seorang pengendara motor dinyatakan tewas. Sementara sopir truk dan pengendara lainnya mengalami luka-luka.

4. Tangerang, Banten 

Sabtu 1 Januari 2022 sekitar pukul 11.00 WIB, truk tronton bernomor polisi E 9455 YP mengalami rem blong hingga menabrak 2 mobil dan 5 pejalan kaki. Kejadian tersebut terjadi di Jalan Raya Serang, tepatnya di depan Toko Sahabat Kampung Talagasari, Desa Balaraja, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang. Kala itu, truk tronton sedang melaju dari arah Cikupa menuju Balaraja.

Akibat kecelakaan maut itu, 2 orang berinisial AA (8) dan AD (2) meninggal dunia. Sementara 3 anak mengalami luka-luka dan langsung dievakuasi ke RSUD Balaraja.

Dilansir dari berbagai sumber/Pratitis Nur Kanariyati/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini