Share

Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini Daftar Tabrakan yang Pernah Terjadi di Lampu Merah Muara Rapak

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 21 Januari 2022 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 337 2535842 kecelakaan-maut-balikpapan-ini-daftar-tabrakan-yang-pernah-terjadi-di-lampu-merah-muara-rapak-SqfgLvue6F.jpg Kecelakaan maut di Balikpapan. (Foto: tangkapan layar cctv)

JAKARTA - Kecelakaan di Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur telah beberapa kali terjadi. Hal ini dikatakan oleh Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo.

Pihak kepolisian pun telah melakukan beberapa upaya untuk menekan angka kecelakaan yang terjadi di daerah ini, salah satunya adalah dengan membuat larangan bagi kendaraan berat untuk melintasi daerah tersebut pukul 06.00 hingga 21.00 WITA.

Namun, kecelakaan masih terus terjadi. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Baca juga: KNKT Diterjunkan Investigasi Penyebab Kecelakaan Truk Tronton di Balikpapan


Baca juga: Kecelakaan Maut di Balikpapan, Polisi: Sopir Truk Tronton Akui Rem Blong

• Januari 2022

Kecelakaan beruntun yang melibatkan belasan kendaraan bermotor terjadi pada Jumat (21/1/2022). Insiden ini bermula dari truk tronton bermuatan 20 ton kapur pembersih air yang menabrak pengendara yang sedang mengantre menunggu pergantian lampu merah di Simpang Muara Rapak. Truk ini kemudian menabrak beberapa kendaraan roda empat dan roda dua. Pihak kepolisian mengatakan bahwa kecelakaan ini terjadi akibat rem blong dari truk kontainer tersebut. Hingga kini, sebanyak 14 korban dikabarkan mengalami luka, 4 orang tewas dan 1 orang dalam kondisi kritis.

• Februari 2021

Sebuah truk bermuatan beras diketahui menabrak sejumlah kendaraan bermotor yang tengah berhenti menunggu pergantian lampu merah di Muara Rapak, Balikpapan. Tragedi ini tidak mengakibatkan adanya korban jiwa, tetapi terdapat kerugian kerusakan 3 unit mobil dan 3 unit motor milik pengendara yang terkena imbas dari kecelakaan tersebut.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

• Juni 2019

Sebuah truk menabrak sejumlah pengendara kendaraan bermotor yang tengah berhenti guna menunggu pergantian lampu merah di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, pada 21 Juni 2019. Beberapa kendaraan dilaporkan mengalami kerusakan lantaran terlindas truk yang tidak bisa mengendalikan kecepatan. Tidak ada korban jiwa, namun terdapat korban luka ringan yang tercatat akibat insiden ini.

• Desember 2011

Rem blong yang dialami sebuah truk kontainer menyebabkan kendaraan berat tersebut menabrak kendaraan bermotor lainnya di Muara Rapak, Balikpapn. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam kejadian ini, tetapi ada belasan korban luka yang segera dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat.

• Maret 2009

Truk pengangkut semen dikabarkan menghantam kendaraan bermotor yang sedang menunggu lampu merah berganti, pada 31 Maret 2009 silam. Truk melaju mengenai 4 buah mobil dan 5 motor yang saat itu ada di tempat kejadian, di Muara Rapak, Balikpapan.

Akibat insiden ini, sebanyak 3 orang tewas di lokasi. Sebanyak 8 orang mengalami luka serius dan harus menjalani perawatan intensif di pusat pelayanan kesehatan terdekat. Sementara itu 4 korban lain mengalami luka ringan.

*dilansir dari berbagai sumber 

Andin Danaryati/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini