Share

Melihat Aksi Pasukan Elite TNI AL Bertempur dengan Jarak Dekat

Carlos Roy Fajarta, · Jum'at 21 Januari 2022 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 337 2535770 melihat-aksi-pasukan-elite-tni-al-bertempur-dengan-jarak-dekat-a6OPqJSvYk.jpg dok: TNI AL

JAKARTA –Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki sejumlah pasukan elite di tiga matra, salah satunya Korps Marinir TNI AL.

Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Harry Indarto mengatakan, pihaknya terus mempertajam kemampuan tempur prajuritnya. Salah satunya dengan meresmikan sarana latihan Close Quater Battle (CQB).

(Baca juga: Misteri Kematian Jenderal Marinir Loyalis Bung Karno, Tewas di Kamar dengan Kepala Tertembak)

"CQB atau Pertempuran Jarak Dekat (PJD) dan sarana latihan tersebut sebagai sarana latihan pertempuran kota di Yonif 8 Marinir, Pangkalan Berandan, Langkat, Sumatera Utara," ujarnya Jumat (21/1/2022).

Sebelum meresmikan sarana latihan PJD dan Pungdahmah, Danbrigif 4 Marinir/BS dipertunjukkan dengan demonstrasi pertempuran jarak dekat oleh prajurit-prajurit andalan Regu Pandu Tempur (Rupanpur) Yonif 8 Mar.

(Baca juga: Pasukan Elite TNI Pratu Sahdi Tewas Dikeroyok Preman, Mengingat Kembali Janji Serda Ucok Berantas Bromocorah)

Tujuan dibangunnya rumah PJD dan Pungdahmah kata dia adalah sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan prajurit Yonif 8 Marinir agar dapat berlatih dan mampu menjadi prajurit profesional dan mampu melaksanakan setiap tugasnya dengan cepat dan tepat.

"Satuan Yonif 8 Marinir merupakan satuan tempur dan pemukul. Sewaktu-waktu melaksanakan pertempuran kota, harus terbiasa dengan pertempuran jarak dekat sehingga masing-masing prajurit dituntut memiliki kemampuan pertempuran jarak dekat yang mumpuni, baik dalam upaya penyergapan, penyerangan hingga antisipasi terorisme,”ulasnya.

“Maka dari itu rumah PJD dan Pungdahmah ini menjadi sarana penting guna meningkatkan kemampuan prajurit satuan kami," tutup Harry.

Sementara itu, Danyonif 8 Mar Letkol Marinir Farick, rumah PJD yang diberi nama PJD Galarimba dan Pungdahmah Galarimba merupakan bagian dari kesiapan satuan dalam melatih dan menyiapkan prajurit dalam menghadapi tantang kedepan

"Satuan kami memiliki prajurit-prajurit pilihan dalam kemampuan menembak, yang tergabung dalam sniper. Melalui rumah PJD ini pula, kami akan meningkatkan kemampuan kami sebagai prajurit yang trengginas dan bernyali besar dengan pergerakan cepat dan tepat," tutur Letkol Marinir Farick.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini