Share

Prabowo Ganti Logo Kemenhan, Apa Makna dan Alasannya?

Kiswondari, Sindonews · Jum'at 21 Januari 2022 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 337 2535695 prabowo-ganti-logo-kemenhan-apa-makna-dan-alasannya-TLUYI7KWRy.jpg Logo Kemenhan (Foto: Dok Kemenhan)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memperkenalkan logo baru Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Logo tersebut resmi mengganti logo lama yang telah ditetapkan sejak 2005 oleh Juwono Sudarsono yang menjabat Menhan kala itu.

Logo tersebut diperkenalkan langsung oleh Prabowo di hadapan petinggi Kemenhan dan jajarannya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf dari tiga matra dan juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rapim Kemenhan 2022 pada Kamis 20 Januari 2022 kemarin.

"Logo lama digunakan dan ditetapkan sejak tahun 2005 oleh Menteri Pertahanan saat itu dijabat oleh Prof Dr Juwono Sudarsono. Dan secara resmi diumumkan perubahan logo oleh Menteri Pertahanan RI, Letjen (Purn) Prabowo Subianto pada Rapim tanggal 20/01/22 kemarin," kata Juru Bicara (Jubir) Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Baca Juga:  Menhan: Setiap Warga Berhak dan Wajib Pertahankan Keamanan Negara!

Dahnil pun mendeskripsikan mengenai logo baru tersebut. Logo Kemenhan terbaru ini berbentuk bulat melingkar yang berwarna emas, dengan warna dasar merah tua serta di dalamnya terdapat gambar Garuda Pancasila dan dilingkari rantai emas.

Menurut Dahnil, logo tersebut melambangkan pertahanan negara yang kuat dan tangguh dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa dan tumpah darah Indonesia.

"Melambangkan pertahanan negara yang kuat dan tangguh dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia yang dilandasi oleh persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk mempertahankan kejayaan NKRI," ujar Dahnil.

Baca Juga:  Prabowo Bertemu Dirjen WHO Bahas Kerjasama Sipil-Militer Penanganan Kesehatan

Adapun alasan perubahan logo ini, ata Dahnil, tujuannya untuk penyegaran, dan logo baru ini juga memiliki makna semangat pertahanan yang lebih kuat dan tangguh. "(Alasannya) Penyegaran saja, melambangkan semangat pertahanan yang lebih kuat dan lebih tangguh," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini