Share

Luhut: Teater Perang Lawan Covid-19 Sedang Terjadi di Jabodetabek

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 21 Januari 2022 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 337 2535492 luhut-teater-perang-kasus-covid-19-sedang-terjadi-di-jabodetabek-05bExNGbN5.jpg Luhut Binsar Pandjaitan (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini ‘teater perang’ melawan Covid-19 sedang terjadi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Hari ini teater perang sesungguhnya akibat peningkatan kasus terjadi di wilayah Jabodetabek,” kata Luhut dikutip dari keterangan resminya, Jumat (21/1/2022).

Oleh karena itu, Luhut meminta semua kepala daerah di wilayah Jabodetabek untuk mengejar vaksinasi booster. Mengingat, kenaikan kasus Covid-19 saat ini sebagian besar terjadi di daerah Jabodetabek justru yang capaian vaksinasi dosis 1 dan 2 sudah tinggi.

“Untuk itu saya minta Provinsi DKI, Banten dan Jawa Barat agar segera mengakselerasi vaksinasi booster,” pintanya.

Baca juga: Kendalikan Omicron, Luhut: Tidak Perlu Saling Menyalahkan

Mengingat Jabodetabek adalah pusat mobilitas, penyebaran kasus ke provinsi lain dapat terjadi dengan lebih cepat. Sebagai antisipasi, provinsi lain juga harus tetap bersiap.

Luhut juga mengingatkan semua pihak mengantisipasi gelombang varian Omicron yang terus menyebar di transmisi lokal, meskipun sejauh ini belum ditemukan kasus kematian akibat Omicron.

“Hingga saat ini angka kematian masih tetap terjaga meskipun terjadi peningkatan kasus,” katanya.

Melihat pengalaman negara lain, perawatan rumah sakit dan tingkat kematian tetap dapat meningkat ketika kasus naik berkali-kali lipat.

“Upaya flattening the curve atau memperlandai kenaikan kasus positif, harus dilakukan untuk mengurangi beban sistem kesehatan. Kuncinya adalah penegakan protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi di tiap daerah,” tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini