Share

Profil Yon Zipur 20/PPA, Tempat Serda Miskel yang Tewas Ditembak Teroris KKB Bertugas

Fahmi Firdaus , Okezone · Kamis 20 Januari 2022 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 337 2535337 profil-yon-zipur-20-ppa-tempat-serda-miskel-yang-tewas-ditembak-teroris-kkb-bertugas-Hob36BBwkm.jpg Foto: medsos

JAKARTA – Jenazah Sersan Dua Miskel Rumbiak yang gugur dalam baku tembak dengan teroris KKB Maybrat, telah disemayamkan di Markas Komando Batalion Zeni Tempur 20/PPA Sorong, Papua Barat.

(Baca juga: Biadabnya Teroris KKB, Tembak Serda Maikel hingga Tewas saat Perbaiki Jembatan Warga)

Diketahui, Serda Miskel yang bertugas di Yon Zipur 20/PPA ditembak KKB teroris saat melaksanakan perbaikan jembatan Serpas dari Kampung Faan Kahrio menuju ke lokasi jembatan.

Kepala penerangan Kodam XVIII/Kasuari, Kolonel Arm Hendra Pesireron, mengatakan, jenazah Serda Miskel Rumbiak saat ini disemayamkan di sana setelah dievakuasi dari lokasi kejadian di Maybrat melalui jalur darat.

(Baca juga: Breaking News! 1 Prajurit TNI AD Gugur saat Baku Tembak dengan Teroris KKB)

"Siang tadi jenazah mendiang Sersan Dua Miskel Rumbiak sudah tiba di Sorong dan disemayamkan di Markas Komando Yon Zipur 20/PPA Sorong sebelum diberangkatkan ke kampung halamannya di Waigeo, Kabupaten Raja Ampat, pada Jumat pagi besok," ujarnya, Kamis (20/1/2022).

Dilansir beragam sumber, Batalyon Zeni Tempur 20/Pawbili Pelle Alang disingkat Yon Zipur 20/PPA sebelumnya bernama Detasemen Zeni Tempur 13/Pawbili Pelle Alang atau Den Zipur 13/PPA merupakan Batalyon Zeni organik Kodam XVIII/Kasuari.  Batalyon ini dipimpin oleh Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi yang menjabat dari tahun 2020 hingga sekarang.

Markas satuan bantuan tempur ini terletak di Jl. Warmanda Klalin Aimas I, Sorong, Papua Barat. Nama satuan ini diambilkan dari bahasa setempat, yakni Pawbili: Membangun, Pelle: Bertempur, Alang: Prajurit, yang dimaknai sebagai Prajurit yang siap Bertempur dan Membangun.

Selain Serda Miskel yang berasal dari Raja Ampat, Papua Barat, empat prajurit TNI AD yang terluka serius akibat baku tembak adalah Sersan Dua Darusman (luka tembak di perut bagian kiri namun dalam kondisi sadar), Prajurit Dua Aziz Rengen (luka tembak berat di punggung belakang namun dalam kondisi sadar), Prajurit Dua Abraham (luka tembak di bahu kanan, kiri dan pangkal paha kiri dalam kondisi sadar), dan Prajurit Dua Odeng (luka kena pecahan peluru di paha sebelah kanan).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini