Share

Kisah Kehebatan Rompi Ontokusumo Sunan Kalijaga Kalahkan Nyi Roro Kidul

Mohammad Adrianto S, Okezone · Kamis 20 Januari 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 337 2534982 kisah-kehebatan-rompi-ontokusumo-sunan-kalijaga-kalahkan-nyi-roro-kidul-zowswE3ads.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Kesaktian Sunan Kalijaga sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Terdapat banyak cerita di masa lampau mengenai kekuatan saktinya itu.

 (Baca juga: Muslim yang Taat, Pangeran Diponegoro Tolak Bantuan Nyi Roro Kidul Lawan Belanda)

Kesaktian mandraguna Sunan Kalijaga tidak lepas dari sejumlah benda-benda sakral yang dia miliki. Salah satu yang cukup terkenal adalah Rompi Ontokusumo.

Rompi ini merupakan salah satu benda yang membantunya menaklukan penguasa Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Hal ini bahkan sampai membuatnya memeluk Islam.

 (Baca juga: Kisah Raja Majapahit Masuk Islam Berkat Cara Unik Sunan Kalijaga)

Saat itu, sedang terdapat wabah penyakit yang melanda di daerah Pantai Selatan. Menurut kepercayaan di masa itu, hujan lebat membawa malapetaka bagi penduduk sekitar.

Sunan Kalijaga berusaha melawan penyakit-penyakit yang bersumber dari sang Ratu itu. Dan akhirnya, Sunan Kalijaga bertempur melawan penguasa Pantai Selatan.

Sebelumnya, Sunan Kalijaga mendapat pencerahaan untuk terlebih dulu mengkhatamkan Alquran jika ingin mengalahkan Kanjeng Ratu Kidul.

Dirinya bersama sejumlah anggota Wali Songo lain melakukannya di Masjid Demak. Di sana, dirinya beserta Sunan Bonang membuat sebuah rompi dari kulit kambing, yang saat itu tergeletak begitu saja di sekitar sekitar masjid.

Rompi inilah yang akhirnya menjadi Rompi Ontokusumo. Rompi ini ternyata hanya muat di tubuh Sunan Kalijaga. Tidak ada anggota Wali Songo lain yang badannya bisa masuk ke dalam rompi tersebut.

Dalam pertempuran ini, rompi tersebut berhasil menangkal sejumlah serangan dari Kanjeng Ratu Kidul. Sunan Kalijaga berhasil memenangkan pertarungan itu, dan membuat sang ratu menjadi pemeluk Islam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini