Share

Kena OTT KPK, Bupati Langkat Terbit Rencana Salah Satu Kepala Daerah Paling Tajir di Indonesia

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 19 Januari 2022 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 337 2534709 kena-ott-kpk-bupati-langkat-terbit-rencana-salah-satu-kepala-daerah-paling-tajir-di-indonesia-shBKG7chYQ.jpg Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin terjaring OTT KPK. (Foto: Situs resmi Kabupaten Langkat)

JAKARTA – Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-Angin terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa 18 Januari 2022, malam. Terbit Rencana ternyata salah satu kepala daerah terkaya di Indonesia.

Dalam OTT ini tim KPK juga mengamankan sejumlah uang yang masih dalam perhitungan. Uang diduga barang bukti transaksi suap para pihak yang diamankan dalam OTT di Langkat.

"Benar KPK melakukan giat tangkap tangan di Langkat, sekitar jam 19.00 tadi malam, 18 Januari 2022. Kami telah mengamankan beberapa pihak dan sejumlah uang sebagai bukti yang diperoleh pada saat tangkap tangan," kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron saat dikonfirmasi, Rabu (19/1/2022).

Terbit Rencana merupakan salah satu kepala daerah terkaya di Indonesia berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN) di KPK. Saat mencalonkan sebagai Bupati Langkat pada 2018, Terbit Rencana dilaporkan memiliki harta kekayaan Rp95,1 miliar.

Baca juga: Bupati Langkat Terjaring OTT KPK

Terbit Rencana pada 2018 dilaporkan memiliki 10 bidang tanah di Kota Langkat senilai Rp3,2 miliar. Saat itu, ia juga memiliki delapan mobil senilai Rp1,3 miliar. Sementara mayoritas yang membuat Terbit Rencana tajir yakni, harta lainnya sejumlah Rp90 miliar.

Kemudian, pada 2019, harta Terbit Rencana menyusut menjadi Rp90 miliar. Harta kekayaan Terbit Rencana menyusut sekira Rp5 miliar dari laporan pada tahun sebelumnya. Penyusutan harta Terbit Rencana berasal dari harta lainnya. Pada 2018, Terbit mempunyai harta lainnya Rp90 miliar. Sedangkan pada 2019, harta lainnya yang dilaporkan Terbit Rencana menjadi Rp84 miliar.

Harta kekayaan mantan Ketua DPRD Kabupaten Langkat tersebut kembali menyusut pada laporan periodik tahun 2020. Dari laporan harta terakhirnya untuk periodik 2020, Terbit Rencana memiliki kekayaan Rp85 miliar. Harta kekayaan Terbit Rencana menyusut sekira Rp5 miliar. Mayoritas kekayaan Terbit Rencana yang menyusut berasal dari harta lainnya

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum Terbit Rencana dan para pihak yang diamankan dalam OTT di Langkat tersebut. KPK berjanji bakal menginformasikan lebih lanjut ihwal perkembangan operasi senyap KPK ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini