Share

DPR Targetkan Fit and Proper Test Calon Anggota KPU-Bawaslu Awal Februari

Felldy Utama, iNews · Rabu 19 Januari 2022 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 337 2534677 dpr-targetkan-fit-and-proper-test-calon-anggota-kpu-bawaslu-awal-februari-aXBEKVdAQ9.jpg Gedung KPU. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Komisi II DPR telah mengonfirmasi bahwa surat presiden (Surpres) tentang daftar nama calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 telah disampaikan ke Parlemen. Dengan begitu, komisi yang membidangi kepemiluan ini memastikan akan segera menindaklanjutinya dengan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

"Minggu lalu sudah dikirim presiden (daftar nama calon anggota KPU-Bawaslu)," kata Wakil Ketua Komisi II DPR, Saan Mustopa di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Kendati demikian, saat ini Surpres tersebut masih berada di pimpinan DPR RI. Sehingga, kata dia, Komisi II masih menunggu pimpinan DPR untuk menggelar rapat badan musyawarah (Bamus) dalam rangka menugaskan komisinya untuk menggelar fit and proper test.

Baca juga: Jokowi Terima Nama Calon Anggota KPU dan Bawaslu, Ini Daftarnya

"Secepatnya, kalau memang nanti di Bulan ini sudah Bamus dan sudah dikirim ke Komisi II, mungkin minggu pertama Februari kita sudah bisa fit and proper test," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim seleksi ( Timsel ) calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 telah menyerahkan 24 calon penyelenggara pemilu yang dinyatakan lolos seleksi pada Kamis (6/1/2022). Selanjutnya, Presiden nantinya menyerahkan kembali 24 calon itu ke DPR.

"Dalam kurun waktu 14 hari nanti Presiden akan menyerahkan ke DPR," kata Ketua Timsel, Juri Ardiantoro dalam pernyataan persnya yang dikutip, Jumat (7/1/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini