Share

Lemhannas Buka Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Pertama pada 2022

Tim Okezone, Okezone · Selasa 18 Januari 2022 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 337 2534177 lemhannas-buka-pemantapan-nilai-nilai-kebangsaan-pertama-pada-2022-U65y1OZaIc.jfif Plt Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan. (Ist)

JAKARTALemhannas RI melaksanakan Pembukaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan pertama pada 2022. Plt Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan membuka Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai Kbs) bagi Alumni ToBe Institute Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu (YPIRB) Tahun 2022 di Lemhannas RI, Jakarta pada Senin, 17 Januari 2022.

“Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu (YPIRB) memiliki komitmen kuat untuk memajukan bangsa Indonesia dari aspek sumber daya manusia, sehingga perlu didukung oleh pemahaman nilai-nilai kebangsaan,” kata Marsdya TNI Wieko Syofyan saat memberikan sambutan, dalam siaran pers, Selasa (18/1/2022).

Pelaksanaan Taplai Kbs ini penting dilaksanakan karena adanya perbedaan latar belakang, pengalaman, dan persepsi serta perbedaan kualitas pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan dari para alumni ToBe Institute.

Menurutnya, sangat tepat bagi para peserta mengikuti Taplai Kbs untuk menyamakan persepsi, mendapatkan bekal, dan meningkatkan pemahaman terkait dengan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa.

“Dengan adanya bekal, persepsi, dan pemahaman yang sama terkait wawasan dan nilai-nilai kebangsaan ini, diharapkan saudara mampu memberikan kontribusi positif sesuai dengan peran masing-masing untuk menyelesaikan persoalan bangsa yang senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok,” kata Marsdya TNI Wieko Syofyan.

Perkembangan dunia yang dinamis telah melahirkan era yang penuh tantangan, persaingan, dan kompetisi dengan negara lain. Oleh sebab itu, penting bagi Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, salah satunya melalui Taplai Kebangsaan.

Perlu berbagai upaya dan dorongan bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, teruma pada generasi muda. Sehingga, generasi muda diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Itu semua dapat teratasi apabila kita semua memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara yang kuat, sehingga memiliki visi yang sama yaitu untuk kemajuan bangsa,” kata Marsdya TNI Wieko Syofyan.

Baca Juga : Plt Gubernur Lemhannas Ajak Peserta PPRA 63 Jadi Pemimpin Berkarakter

Kegiatan Taplai Kebangsaan Alumni ToBe Institute YPIRB dilaksanakan mulai tanggal 17 sampai dengan 23 Januari 2022 dengan tema “Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa Guna Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara”. Adapun peserta Taplai Kebangsaan berjumlah 84 orang yang terdiri dari unsur guru, akademisi, pengacara, pengusaha, dan lembaga sosial (yayasan).

Pada kesempatan itu, YPIRB mengucapkan terima kasih kepada Lemhannas karena telah melaksanakan Taplai Kebangsaan bagi para Alumni.

“Saya mewakili Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu mengucapkan terima kasih kepada Lemhannas RI yang telah menerima kami untuk bisa menjalankan pendidikan pelatihan dalam rangka pemantapan nilai-nilai kebangsaan ini,” kata perwakilan dari YPIRB.

Marsdya TNI Wieko Syofyan berharap para peserta mengikuti kegiatan tersebut secara seksama, melakukan tukar pendapat, dan diskusi secara komprehensif terkait berbagai permasalahan bangsa. Harapannya para peserta memiliki wawasan yang luas serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan secara baik dan benar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini