Share

Kiprah Hoegeng saat Wajibkan Helm bagi Pengendara Motor

Fay Cilla, Okezone · Rabu 19 Januari 2022 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 337 2534132 kiprah-hoegeng-saat-wajibkan-helm-bagi-pengendara-motor-UiThEUrKwH.jpg Hoegeng (Foto: Ist)

HOEGENG Imam Santoso atau yang akrab dipanggil Hoegeng lahir pada 14 Oktober 1921 di Pekalongan. Semasa hidupnya, ia terkenal sebagai salah satu polisi teladan. Sifatnya yang sederhana, disiplin, dan jujur sudah tidak asing lagi didengar dari namanya.

Ia sempat menjabat sebagai Kapolri ke-5 masa pemerintahan Presiden Soeharto zaman Orde Baru. Selain itu, ia sempat menjabat sebagai Menteri Iuran Negara dan Kepala Imigrasi.

Baca Juga:  Ketika Hoegeng Turun ke Jalan Ikut Atur Lalu Lintas

Ia juga dikenal sebagai orang yang tak kenal ampun untuk siapapun orang yang melanggar aturan, dan ia tidak peduli orang tersebut dilindungi oleh pejabat. Semua kiprahnya tercatat dalam pemberitaan media massa saat itu dan juga membekas dalam hati masyarakat Indonesia.

Beberapa kasusnya yang ia pernah tangani di antaranya yaitu kasus Pemerkosaan Sum Kuning di Yogyakarta yang melibatkan anak-anak pejabat, penembakan mahasiswa ITB Rene Conrad oleh mahasiswa AKABRI, hingga kewajiban memakai helm bagi pengendara motor.

Mengendarai kendaraan bermotor menggunakan helm juga termasuk salah satu upaya keselamatan dalam berkendara, Hoegeng menerapkan agar walaupun terjadi kecelakaan tapi meminimalisir efek pada area rawan seperti kepala. Tak hanya saat bertugas, Hoegeng juga menerapkan sifatnya kepada anak-anaknya.

Baca Juga: Kisah Putra Hoegeng Marah hingga Gunting Kuas Lukis Milik Ayahnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini