Share

Cuaca Ektrem Intai Hampir Seluruh Wilayah Indonesia, Cek Lokasinya

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 18 Januari 2022 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 337 2533769 cuaca-ektrem-intai-hampir-seluruh-wilayah-indonesia-cek-lokasinya-8LilvBFywn.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan agar semua pihak mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada pekan ini atau periode 17 – 22 Januari 2022. Hal ini melihat dari hasil analisis dinamika atmosfer yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan fenomena itu secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi.

“Menurut BMKG, wilayah dengan potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di beberapa wilayah yakni Sumatera Barat, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur,” kata Aam sapaan akrabnya pada keterangan resmi yang diterima, Selasa (18/1/2022).

Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca juga: Waspada Potensi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia

BNPB juga mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk waspada dan siap siaga dalam mengantisipasi dan melakukan mitigasi dampak bencana hidrometeorologi basah pada puncak musim hujan pada Januari hingga Februari nanti.

“Antisipasi dapat dilakukan dengan berbagai langkah, seperti memastikan saluran air berfungsi dengan baik, persiapan tempat evakuasi sementara dengan protokol kesehatan, atau sosialisasi kepada warga untuk rencana kesiapsiagaan keluarga,” tegas Aam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini