Share

Ketika Hoegeng Turun ke Jalan Ikut Atur Lalu Lintas

Fay Cilla, Okezone · Selasa 18 Januari 2022 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 337 2533624 ketika-hoegeng-turun-ke-jalan-ikut-atur-lalu-lintas-qYRBLkZKLK.jpg Hoegeng (Ist)

HOEGENG merupakan Kapolri yang identik dengan sifat sederhana dan kejujurannya. Selain sebagai Kapolri, Hoegeng juga sempat menjadi Mentri Iuran Negara dan Kepala Imigrasi.

Tugas pertamanya menjadi polisi ialah saat ia mendapat penugasan di Medan, Sumatera Utara sebagai Kadit Reskrim. Dimana pada saat itu Medan terkenal dengan kawasan yang tergolong untuk polisi seperti Hoegeng dengan komitmen kejujuran dan kedisiplinannya karena banyak terjadi penyuapan atau tindak kriminal yang memiliki latar belakang anggota ABRI.

Komitmennya dalam kejujuran, sederhana, dan disiplin ia terapkan hingga ia menjadi Kapolri, dibuktikan dengan saat ia mendapatkan fasilitas berupa rumah dinas dan pengawalan namun tak satupun yang ia ambil.

Karena menurutnya, itu terlalu berlebihan. Ia masih memiliki rumah serta lebih nyaman jika tamu ke rumah tanpa adanya pengawalan.

Baca Juga : Kisah Putra Hoegeng Marah hingga Gunting Kuas Lukis Milik Ayahnya

Tak sampai di situ, saat Hoegeng menjadi Kapolri, tak jarang ia turun ke jalan raya untuk ikut mengatur lalu lintas apabila kebetulan jalanan macet dan tidak ada polisi berjaga.

Dia bisa saja memanggil anak buahnya untuk menanyakan siapa yang dapat berjaga di tengah kemacetan. Namun, dia lebih memilih bertindak sendiri karena ia merasa itu masih salah satu dari tuntutannya sebagai polisi, tidak hanya karena ia seorang Kapolri.

Teladan yang diberikan Hoegeng menjadi cerminan untuk seluruh Polisi Indonesia mengarah menjadi polisi yang seperti Hoegeng. Tanpa rasa malu ia tetap menjalankan tugasnya sebagai Kapolri ataupun sebagai Polisi dengan kewajibannya.

Sumber : Buku Hoegeng Polisi dan Mentri

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini