Share

Kronologi Anggota Satgas Belukar Ditembak KKB

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 17 Januari 2022 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 337 2533562 kronologi-anggota-satgas-belukar-ditembak-kkb-hfmOiPZ1dq.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Personel Brimob Bharatu Bachtiar tertembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang. Kejadian bermula saat Bharatu yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi (Belukar) sedang berpatroli.

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, tembakan itu yang kemudian menyulut kontak senjata antara aparat dengan KKB di wilayah tersebut.

"Pukul 06.00 WIT, piket siaga melaksanakan pemantauan situasi di seputaran Pos Belukar Kiirok," kata Kamal kepada wartawan, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Baca Juga:  Breaking News: KKB Tembak Anggota Satgas Belukar Brimob di Kiwirok

Menurutnya, dalam situasi patroli tersebut tiba-tiba tim menerima rentetan tembakan dari arah sebelah kiri. Tim siaga baru berpatroli sekitar 50 menit di kawasan itu. Cuaca di sekitar pos disebutkan Kamal sedang berkabut tebal.

Salah satu peluru tembakan dari KKB itu kemudian menyerempet punggung anggota KKB bernama Bharatu Bachtiar. Ia menjelaskan, korban terkena luka goresan akibat tembakan itu.

"Pada pukul 06.52 WIT Selanjutnya personel Satgas Tindak Nemangkawi yang berada di Pos belukar membalas tembakan kearah tembakan dan terjadi kontak tembak," ujar Kamal.

Menurut Kamal, petugas kepolisian langsung melakukan evakuasi terhadap korban ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Ia menjelaskan tak ada korban jiwa dalam kontak senjata tersebut. Namun demikian, kata dia, polisi mengetatkan penjagaan di sekitar wilayah pasca penembakan.

"Aparat keamanan TNI-Polri terus melakukan penjagaan di titik rawan dan pintu masuk Kelompok Kriminal Bersenjata," ucap Kamal.

Baca Juga:  Ditembak KKB, Anggota Satgas Belukar Dievakuasi Pakai Helikopter

Penembakan terhadap rombongan polisi yang berpatroli itu dilakukan oleh kelompok Ngalum Kupel pimpinan Lamek Alipki Taplo.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini