Share

Kepala BRIN: Tak Harus Jadi Ilmuwan untuk Jadi Periset, Siapapun Boleh Punya Paten

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Senin 17 Januari 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 337 2533148 kepala-brin-tak-harus-jadi-ilmuwan-untuk-jadi-periset-siapapun-boleh-punya-paten-9cwzeWYq5z.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Peran generasi muda sangat dibutuhkan bagi kemajuan bangsa Indonesia. Nantinya generasi muda lah yang akan meneruskan dan mengarahkan bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Salah satu hal yang perlu digencarkan bagi generasi muda yakni mengajaknya menjadi periset. Mengapa demikian?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko dalam kesempatannya di Special Dialogue Okezone menjelaskan dan turut serta mengajak generasi muda untuk menjadi periset.

Menurutnya, menjadi periset adalah perilaku seorang profesional untuk lebih peka terhadap permasalahan yang ada, dan kreatif untuk menemukan solusi. Selain itu seseorang tidak harus menjadi ilmuwan untuk menjadi periset.

"Saya tidak mengajak semuanya jadi ilmuwan, tidak. Tetapi saya ingin mengajak semuanya menjadi periset, karena periset itu adalah proses berpikir, berkreasi, peka dan sensitif sehingga bisa menemukan masalah dan kemudian kreatif untuk mencari solusi atas masalah itu," kata Handoko dalam Special Dialogue Okezone.

Perlu diketahui, periset bukan hanya menemukan tetapi juga mencari solusi. Handoko mengatakan inilah hal yang penting dan diperlukan sebagai professional di dunia pekerjaan manapun. Sehingga siapapun bisa menjadi periset.

"Perlu saya sampaikan, periset itu bukan dunia ekslusif dari ilmuwan, siapa pun bisa menjadi periset, siapapun boleh punya paten," kata Handoko dalam Special Dialogue Okezone.

BRIN menginginkan semakin banyak generasi muda yang mempunyai keinginan menjadi periset. BRIN juga berharap periset ada dalam berbagai bidang karena mereka lah orang-orang yang sangat dibutuhkan bagi Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini