Share

4 Insiden Pesawat Tabrak Gunung, dari Twin Otter hingga Jet Tempur

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 17 Januari 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 16 337 2533116 4-insiden-pesawat-tabrak-gunung-dari-twin-otter-hingga-jet-tempur-uD5QkEZak8.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

PERISTIWA pesawat menabrak gunung telah beberapa kali menjadi berita di media massa. Baru-baru ini, jet temput F-5E milik Korea Selatan diberitakan jatuh menabrak gunung wilayah Hwaseong. Kecelakaan pesawat jet tempur F-5E yang menabrak gunung ini menambah deretan kecelakaan pesawat yang terjadi di dunia.

Berikut beberapa kasus pesawat yang jatuh lantaran menabrak gunung.

1. Jet Tempur F-5E

Jet tempur F-5E Korea Selatan dinyatakan jatuh di area pegunungan, Selasa (11/1/2022). Tepatnya pada pukul 01:44 siang waktu setempat atau 04:44 GMT.

Pesawat buatan Amerika Serikat (AS) ini jatuh saat naik ke ketinggian setelah lepas landas dari pangkalan udara di Suwon, Provinsi Gyeonggi.

Dalam kecelakaan tersebut, seorang pilot Angkatan Udara Korea Selatan tewas. Angkatan Udara Korea Selatan menduga terdapat kerusakan pada bagian mesin pesawat. Kerusakan mesin membuat pesawat tak terkendali dan menabrak gunung di Hwaseong, provinsi Gyeonggi.

2. Pesawat Rimbun Air PK

Pesawat pengangkut logistik yang lepas landas dari Bandara Nabire menuju Sugapa, Intan Jaya, dikabarkan menabrak gunung. Pesawat itu adalah pesawat Rimbun Air PK OTW. Diketahui pesawat tersebut jatuh di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Rabu (15/9/2021).

Baca Juga : Omicron Merebak, 4 Ribu Penerbangan Awal Tahun 2022 Dibatalkan di Seluruh Dunia

Awalnya pesawat pengangkut logistik itu hilang kontak. Diperkirakan hilangnya kontak Pesawat Rimbun Air di arah Barat Bandara Bilorai, Intan Jaya. Beberapa waktu kemudian, pesawat ditemukan dalam kondisi berkeping-keping. Jatuhnya pesawat diduga karena menabrak gunung, setelah sebelumnya gagal mendarat karena kabut yang tebal dan pesawat berusaha naik mengambil arah kiri bandara.

Setelah pencarian, ditemukan lokasi jatuhnya pesawat yakni di perbukitan Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Tiga orang awaknya, yaitu Hj. Mirza (Pilot), Fajar (Copilot), dan Iswahyudi (Enginering) ditemukan meninggal dunia. Pesawat nahas tersebut dipastikan tidak membawa penumpang.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

3. Pesawat Twin Otter

Pada Rabu (18/9/2019) pukul 10.56 WIT, pesawat Twin Otter DHC6-400 PK-CDC dinyatakan hilang kontak dalam penerbangan dari Timika menuju Ilaga, Kabupaten Puncak. Pesawat diduga menabrak dinding pegunungan di wilayah Distrik Hoeya, Kabupaten Mimika, Papua. Kondisi ini terlihat dari rekaman penerbangan pesawat tersebut.

Pesawat Twin Otter PK CDC diketahui jatuh pada area yang cukup terjal dengan kemiringan 80-90° (dinding tegak) serta ketinggian sekitar 13.500 kaki atau 3.900 mdpl.

Pesawat dikemudikan oleh Dasep Ishak Sobirin dengan Copilot Yudra dan mekanik Ujang Suhendar. Selain itu terdapat seorang penumpang bernama Bharada Hadi, anggota Brimob. Keempat korban berhasil dievakuasi pada hari kedelapan pencarian.

4. Pesawat Sukhoi

Pada (9/5/2012) silam, sebuah pesawat Sukhoi Superjet (SSJ) 100 jatuh setelah menabrak tebing di Gunung Salak. Diketahui saat itu, pesawat SSJ 100 dengan nomor penerbangan RA 36801 yang dioperasikan Sukhoi Civil Aircraft Company melakukan penerbangan promosi dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma. Penerbangan menggunakan aturan terbang secara instrumen atau instrument flight rules (IFR) pada ketinggian 10.000 kaki selama 30 menit.

Berdasarkan waktu yang tercatat di Flight Data Recorder (FDR), pada pukul 14.32 lewat 26 detik WIB, pesawat menabrak tebing Gunung Salak pada radial 198 dan 28 NM HLM VOR dengan ketinggian 6.000 kaki di atas permukaan laut.

Dalam kecelakaan itu, awak pesawat dan 45 penumpang dinyatakan tewas. Pesawat Sukhoi juga ditemukan dalam kondisi hancur. Dari hasil investigasi, kecelakaan terjadi karena kelalaian pilot yang mengemudikan pesawat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini