BMKG Pastikan Gempa Susulan di Sumur Banten Tak Berpotensi Tsunami

Dimas Choirul, MNC Media · Sabtu 15 Januari 2022 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 337 2532646 bmkg-pastikan-gempa-susulan-di-sumur-banten-tak-berpotensi-tsunami-HmSALLiCpU.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Gempa bumi susulan bermagnitudo 4,7 kembali terjadi di Barat Daya, Sumur, Banten, Sabtu (15/1/2022) pukul 09.29 WIB. BMKG memastikan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Menurut Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hartanto, gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat proses subsduksi lempeng. "Akibat aktivitas Subduksi lempeng Indo-Australia menunjam menelusup ke bawah Lempeng Eurasia," katanya dikutip melalui akun Instagram @infoBMKG.

Baca Juga:  Lagi, Gempa M4,7 Guncang Sumur Banten

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sumur, Panggarangan, Cibeber, Malingping, Bayah, Cihara, Muarabinuangeun, Cigemblong, Panimbang, Sobang, dan Labuan dengan Skala Intensitas III MMI.

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Hartanto.

Baca Juga:  Penjelasan Lengkap PVMBG Penyebab Gempa M6,7 di Laut Selatan Pandeglang Banteng

Hartanto menjelaskan, pada pukul 09.50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 32 aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock ), dengan magnitudo terbesar M5,7 dan magitudo terkecil adalah M2,5.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," katanya.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini