Panglima TNI Berencana Bentuk Koarmada RI dan Koopsau Nasional, Apa Itu?

Riezky Maulana, iNews · Sabtu 15 Januari 2022 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 337 2532572 panglima-tni-berencana-bentuk-koarmada-ri-dan-koopsau-nasional-apa-itu-53gusCAl3Y.jpg Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Okezone)

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan rencana pembentukan dua satuan baru TNI. Kedua satuan tersebut yakni Komando Armada (Koarmada) Republik Indonesia dan Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) Nasional. 

Menurut Andika, pembentukan dua satuan itu merupakan implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) 66 Nomor 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. Kendati demikian, dua wacana di atas harus direalisasikan dengan pembuatan aturan turunan.

"Ini semua, Perpresnya sudah ada tetapi peraturan di bawahnya belum ada. Nah, itu yang kemudian kami kebut supaya bisa kita keluarkan sekalian dalam Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi) minggu depan ini," ujar Andika di Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat 14 Januari 2022.

Baca Juga: Panglima TNI Dukung Penuh Kejagung Tangani Pelanggaran HAM Berat

Lebih jauh dijelaskan Andika, nantinya Koarmada RI akan dikomandoi oleh Perwira Tinggi (Pati) bintang 3 atau Laksamana Madya. Di satuan itu, juga akan tersedia jabatan bagi Pati bintang 3 (Laksda) dan bintang 1 (Laksma). Secara keseluruhan, jumlah slot jabatan Pati berjumlah 14.

Koopsau Nasional juga nantinya akan diisi oleh jenderal bintang 3 dengan pangkat Marsekal Madya. Total, ada 12 slot Pati yang akan diisi di Koopsau Nasional.

Tak hanya itu, kata Andika, pihaknya juga akan membentuk tiga Badan Pelaksana Tugas (Balakpus) baru. Antara lain, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI, dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

"Belum lagi ada tiga Badan Pelaksana Pusat TNI baru yang dikepalai oleh bintang 2 untuk Pusat Psikologi TNI. Kemudian, pusat pengadaan TNI bintang satu dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI," katanya.

Baca Juga: Mayjen Untung Budiharto Resmi Jabat Pangdam Jaya

Dia memastikan, dari Perpres tersebut sedikitnya ada 28 total jabatan baru di tubuh TNI. Jabatan baru itu meliputi, bintang 3 dari TNI AU 1 Pati, bintang 3 dari TNI AL 1 Pati, Bintang 2 sebanyak 2 Pati, dan sisanya adalah Pati bintang 1.

"Itulah yang kemudian nanti akan kita keluarkan bersama-sama dengan beberapa jabatan yang memang sudah kosong termasuk di antaranya Pangkostrad ya," pungkas Andika.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini