Gempa M6,7 Banten, BMKG Langsung Kerahkan Tim Seismologi Teknik

Jonathan Nalom, MNC Media · Jum'at 14 Januari 2022 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 337 2532440 gempa-m6-7-banten-bmkg-langsung-kerahkan-tim-seismologi-teknik-e8th9z1D3j.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) segera menurunkan tim Pusat Seismologi Teknik BMKG untuk melakukan survei pasca gempa bumi yang mengguncang Banten pada Jumat (14/01/2022) hari ini. Hal ini untuk memvalidasi peta guncangan yang juga telah dirilis oleh BMKG.

“Kami dari Pusat Seismologi Teknik akan menurunkan tim untuk survei, memvalidasi terhadap peta guncangan yang sudah kami rilis dengan kondisi di lapangan,” ucap Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial, dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono dalam konferensi pers, Jumat (14/01/2022).

Baca juga: Ini Kata BMKG Terkait Gempa M6,7 Banten

 

Rahmat memastikan pengiriman tim akan dilakukan secepat mungkin. Nantinya, daerah yang akan dikunjungan adalah daerah yang terdata intensitas guncangannya MMI-nya tinggi.

“InsyaAllah segera kami berangkat untuk memvalidasi khususnya daerah-daerah yang intensitas guncangannya sekitar lima sampai enam MMI,” jelas dia.

Baca juga:  Gempa M6,7 Banten, Kepala BMKG: Tetap Tenang, Jangan Terpengaruh Informasi Tak Benar

 

Rahmat mengatakan, tim nantinya juga akan mendata macro seismic akibat gempa tersebut. Tim itu nantinya juga akan memonitor gempa susulan.

“Sekaligus untuk mendata macro seismis atau kerusakan-kerusakan di sekitar epicenter dan kami sudah mempersiapkan tim sekaligus untuk memonitor gempa susulan,” pungkas dia.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini