Progres Pembangunan Jakarta International Stadium Capai 93,85%

Komaruddin Bagja, Sindonews · Jum'at 14 Januari 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 337 2532251 progres-pembangunan-jakarta-international-stadium-capai-93-85-xQkPlmRBcn.jpg Jakarta International Stadium (Foto: IG Anies Baswedan)

JAKARTA - Proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) sudah hampir selesai. Saat ini, proses pembangunan JIS sudah mencapai 93,85 persen.

"Saat ini, bisa kita sampaikan proyek Jakarta International Stadium per Jumat minggu lalu, kita sudah masuk pekan ke-123 pelaksanaan konstruksi, kita telah mencapai progres kumulatif sebesar 93,85 persen. Jadi sudah hampir selesai," kata Manajer Proyek JIS, Arry Wibowo. Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Anies: JIS Dibiayai Uang Pajak Warga Jakarta, Bukan Hadiah Perusahaan

Arry menambahkan, saat ini masih menyelesaikan beberapa pekerjaan, khususnya di arena utama stadium. "Kita mulai dari atas. Sedang dilakukan penyelesaian untuk pekerjaan atap membran ETFE, ini atap transparan ya, yang kemarin setelah dipasang atap metal sheet, sekarang kita pasang atap membran ETFE. Karena stadion ini memiliki fitur atap buka tutup, maka saat ini juga sedang dikerjakan untuk proses instalasi untuk frame atau rangka atap buka-tutupnya," ujarnya.

Harapannya, nanti pekerjaan ini semua selesai, terinstall dengan baik, semua sistem bisa dilakukan pengujian dan bisa difungsikan di pertengahan Maret.

"Targetnya sudah bisa bekerja untuk mesin sudah naik. Jadi, atap stadion kita sudah bisa buka tutup. Kemudian, yang tak kalah penting, bagian paling besar dari ramp barat kita bisa melihat kulit bangunan atau selubung. Kita masih menyisakan sedikit pekerjaan untuk penyelesaian rangka fasad. Dan di tengah lapangan stadium utama tengah dilakukan untuk finishing area permainan," ujarnya.

Untuk area tribun, hingga saat ini sudah terpasang 30 ribuan kursi tribun regular baik itu tier 1, tier 2, tier 3 itu sudah disebar. Harapannya di bulan Februari, instalasi kursi penonton ini sudah selesai 100 persen.

Kemudian, fasilitas lain seperti lampu, professional sound system yang mendukung stadion sudah selesai. Sedangkan untuk pekerjaan papan scoring board, ini LED monitor satu dari dua bagian sudah selesai. Ukurannya 15x30 meter. Kemarin, sudah diuji coba dan berfungsi dengan baik.

Baca Juga:  Adzan Berkumandang di JIS, Gubernur Anies: Sangat Syahdu

Untuk ruang pendukung pertandingan seperti ruang ganti pemain baik itu home dan away, kemudian fasilitas VIP, VVIP, termasuk ruang press conference room sudah selesai 100 persen.

Jadi, di bulan Februari akan ada soft launch untuk International Youth Championship nanti sekitar tanggal 5-12 akan ada soft launching JIS. "Kemudian beberapa sisa pekerjaan lain merupakan perapihan area interior dari lantai 1-9, ada beberapa bagian yang perlu kita rapikan. jadi sisa pekerjaan 6 koma sekian persen itu untuk menyelesaikan beberapa item yang tadi sudah saya sampaikan," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini