Ribuan Buruh Kepung DPR, Lalu Lintas Macet Parah

Carlos Roy Fajarta, · Jum'at 14 Januari 2022 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 337 2532099 ribuan-buruh-kepung-dpr-lalu-lintas-macet-parah-c2xXDub5G3.jpg Foto: MNC Portal

JAKARTA - Ribuan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan berbagai elemen serikat buruh lainnya melakukan unjuk rasa di depan pintu gerbang utama Gedung DPR/MPR/DPD Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (14/1/2022).

(Baca juga: Hari Ini, 50 Ribu Buruh Kepung Gedung DPR Tuntut Kenaikan UMP)

Pantauan MNC Portal di lokasi massa buruh tersebut mayoritas menggunakan kuda berwarna oranye, biru putih, dan hijau. Kebanyakan dari mereka menggunakan masker namun tidak dalam posisi benar karena ada di bawah dagu.

Selain itu kerumunan tersebut juga memakan sebagian jalan Gatot Subroto sehingga menimbulkan kepadatan lalu lintas.

(Baca juga: Wagub DKI Minta Buruh Jangan Demo Berlebihan)

Sementara, ratusan anggota kepolisian dari Polda Metro Jaya tampak berjaga-jaga di lokasi baik yang mengenakan seragam dinas maupun baju hazmat berwarna putih. Akibat aksi unjuk rasa tersebut, lalu lintas di sekitar lokasi macet parah.

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan, aksi tersebut untuk menyampaikan empat tuntutan utama.

Empat tuntutan tersebut diantaranya yakni menolak Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, sahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT).

Meminta revisi Surat Keputusan (SK) Gubernur terkait upah minimum kota/kabupaten (UMK) dengan kenaikan antara 5 - 7 persen, dan meminta revisi UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini