8 Keris Pusaka dari Milik Keraton hingga Ken Arok

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 14 Januari 2022 05:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 337 2531764 8-keris-pusaka-dari-milik-keraton-hingga-ken-arok-ahbRNifwZq.jpg Ilustrasi (Ist)

INDONESIA memiliki banyak barang peninggalan bersejarah, termasuk saat masih zaman kerajaan-kerajaan. Salah satunya adalah keris.

Tak sedikit keris yang diyakini memiliki kekuatan magis. Berikut sejumlah keris yang diyakini memiliki "kekuatan", seperti dirangkum pada Jumat (14/1/2022) :

1. Keris Ageng Kopek

 

Keris Ageng Kopek merupakan keris utama di Keraton Yogyakarta yang hanya dipegang oleh Sultan yang memimpin. Keris ini sebagai lambang pemimpin rohani dan dunia.

2. Keris Joko Piturun

Keris ini adalah pusaka nomor dua di lingkup Keraton Yogyakarta. Keris ini dikabarkan pernah dimiliki Sunan Kalijaga.

3. Keris Kyai Pleret

Kabarnya keris ini adalah sperma dari Syeh Maulana Maghribi, yang kala itu tidak sengaja menyaksikan adik perempuan Sunan Kalijaga, Rasa Wulan yang tengah mandi di Sendang Beji. Tetesan sperma yang menetes ke air akhirnya membuat Rasa Wulan menjadi hamil. Kemudian disebutkan tetesan yang lainnya tiba-tiba mengeras dan berubah wujud menjadi sebuah mata tombak yang kemudian dinamai keris Kanjeng Kyai Pleret.

4. Keris Baru Klinting

 

Keris ini pernah dipakai seorang abdi dalam kerajaan saat berperang melawan pemberontakan yang dipimpin Adipati Pati Pragola.

Baca Juga : Misteri Kesaktian Keris Nogososro, Keris Paling Sakti di Tanah Jawa

5. Keris Empu Gandring

Keris ini merupakan salah satu yang paling terkenal dalam sejarah. Hal itu mengingat menurut cerita kutukannya memakan banyak korban dari para bangsawan kerajaan Singasari termasuk Ken Arok, sang pendiri Kerajaan Singasari.

Keris sakti yang kabarnya punya kekuatan ghaib begitu kuat, seperti namanya, dibuat seorang Empu yang terkenal sangat sakti yaitu Empu Gandring. Awalnya keris itu dibuat sebagai pelindung. Akan tetapi, menjadi keris yang mengerikan setelah disalahgunakan Ken Arok untuk membunuh pembuatnya hingga menciptakan malapetaka.

6. Keris Condong Campur

 

Salah satu keris peninggalan masa Kerajaan Majapahit, Condong Campur merupakan suatu lambang keinginan untuk menyatukan perbedaan. Condong berarti miring yang mengarah ke suatu titik, yang berarti keberpihakan atau keinginan.

Menurut legenda yang diyakini, keris ini punya Empu yang berjumlah 100 orang dan material bahan untuk membuat keris ini diambil dari banyak tempat dengan harapan bahwa nantinya keris ini akan menjadi keris pusaka yang ampuh dan tidak memiliki watak jahat ataupun aura negatif.

7. Keris Sakti Nogososro Sabuk Inten

Keris yang disebutkan oleh paranormal ternama, Mbah Mijan merupakan keris karya Empu Ki Enom yang terkenal linuwih pada zaman kerajaan Majapahit. Fungsinya siapa saja yang memegang keris ini akan menjadi orang yang sangat disegani, baik oleh kalangan manusia maupun jin.

8. Keris Sakti Setan Kober

Masih dari penjelasan Mbah Mijan, keris ini adalah karya Empu Supo Mandrangi dari Tuban. Hadir sebagai keris sakti, yang konon bagi orang yang memiliki Keris Setan Kober akan menjadi orang pilih tanding, tapi haus darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini