Share

Bupati Penajam Paser Utara Ditangkap KPK saat Sedang Nge-Mal di Jakarta

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Kamis 13 Januari 2022 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 337 2531724 bupati-penajam-paser-utara-ditangkap-kpk-saat-sedang-nge-mal-di-jakarta-gVrcYFwSTy.jpg Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas/ Foto: MNC Portal

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan kronologi operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas'ud (AGM). Dia ditangkap di sebuah mal di Jakarta.

(Baca juga: Tiga Orang yang Terjaring OTT Kaltim Tiba di Gedung KPK)

"Sejauh ini informasi yang kami terima di sebuah mall di Jakarta," ujar Plt Juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (13/1/2022).

Ali melanjutkan, dalam operasi senyap itu, pihaknya berhasil menangkap 7 orang di Jakarta. Diantaranya Bupati PPU Abdul Gafur dan beberapa aparatur sipil negara (ASN) dan pihak swasta.

(Baca juga: 3 Kontroversi Bupati Penajam Paser Utara yang Terjerat OTT KPK)

Sementara empat orang yang ditangkap di wilayah Kalimantan Timur, terdiri dari ASN Pemkab PPU dan pihak swasta.

"Dalam kegiatan tangkap tangan ini juga dimanakan barang bukti diantaranya uang dalam pecahan rupiah yang jumlahnya akan kembali dihitung dan dikonfirmasi kepada pihak-pihak terperiksa," tutup Ali.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengungkapkan bahwa operasi senyap tersebut terkait dengan dugaan penerimaan suap dan juga gratifikasi."Atas dugaan penerimaan suap dan gratifikasi," kata Ghufron.

Ghufron mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang diamankan. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut.

"Karena itu kami minta masyarakat bersabar dan memberi kesempatan kepada tim KPK untuk bekerja menyelidik kasus ini, selanjutnya nanti akan kami infokan secara lebih komprehensif," kata Ghufron.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini