Share

Agus Widjojo Serahkan Memorandum Akhir Jabatan Gubernur Lemhannas 2016-2022

Tim Okezone, Okezone · Kamis 13 Januari 2022 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 337 2531714 agus-widjojo-serahkan-memorandum-akhir-jabatan-gubernur-lemhannas-2016-2022-qouZGgF6mJ.jpg

JAKARTA - Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo serahkan memorandum akhir jabatan Gubernur Lemhannas RI periode 2016 – 2022 kepada Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan selaku Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Lemhannas RI di Ruang Nusantara, Lemhannas RI, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Agus Widjojo menyampaikan bahwa capaian dan prestasi kerja Lemhannas RI berawal dari langkah pertama dan kolaborasi berbagai pihak.

“Tidak ada hasil kerja yang tidak diawali dari langkah pertama. Tidak ada hasil besar sebuah tujuan bersama -seperti di Lemhannas RI- yang tidak dihasilkan melalui sebuah kerjasama yang memadukan keterampilan berbagai pihak serta kemauan untuk kerjasama,” kata dia.

Agus meyakini bahwa kesuksesan dan keberhasilan Lemhannas RI akan tetap berlanjut karena didukung oleh manajemen yang baik. “Keberhasilan ini akan tetap berlanjut justru karena pejabat PLT Gubernur saat ini adalah ‘dirijen’ atau ‘konduktor’ manajemen di lingkungan kerja Lemhannas RI, yaitu Marsekal Madya TNI Wieko Syofyan selaku Wakil Gubernur ‘bertandem’ dengan Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto sebagai Sekretaris Utama,” ujarnya.

Baca juga: Gubernur Lemhannas RI Tekankan Pentingnya Literasi Digital dan Teknologi Bagi Pemuda Indonesia

Penyerahan memorandum tersebut dilakukan menyusul diangkatnya Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau pada 12 Januari 2022 lalu.

Baca juga: Hadapi Perang Informasi, Gubernur Lemhannas: Cek Sumbernya!

Presiden Jokowi menunjuk Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Lemhannas RI sampai dengan diangkatnya Gubernur Lemhannas RI definitif. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 3/P Tahun 2022 tanggal 11 Januari 2022 tentang Pemberhentian dan Penunjukkan Pelaksana Tugas Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia.

Pada Memorandum Akhir Jabatan Gubernur Lemhannas RI Periode 2016 – 2022, Plt. Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan dalam sambutannya menilai kinerja Lemhannas RI berjalan dengan baik di bawah pimpinan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

“Secara umum kinerja Lemhannas RI, selama berada di bawah kepemimpinan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, yakni tahun 2016 sampai tahun 2022, berjalan baik dengan berbagai capaian dan prestasi yang membanggakan,” kata Marsdya TNI Wieko Syofyan.

Selama Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjabat, Lemhannas RI terus berupaya meningkatkan kinerja di tengah kondisi pemerintahan yang dinamis. Hal tersebut, tentu saja dengan tetap meningkatkan upaya-upaya terobosan serta berkolaborasi dengan kementerian/lembaga lain sebagai partnership Lemhannas RI dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Baca juga: Gubernur Lemhanas: Antusiasme Peserta JGF V Berikan Dampak Baik Bagi Peradaban

Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo resmi memimpin Lemhannas RI sejak 15 April 2016. Berikut adalah berbagai capaian program Lemhannas RI di bawah kepemimpinan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo:

1. Pendidikan Kader Pimpinan Tingkat Nasional

Lemhannas RI telah melaksanakan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA), Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) dan Program Pendidikan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA), sepanjang tahun 2016 – 2022 jumlah total lulusan yang dihasilkan sebanyak 1.194 orang.

Baca juga: Indonesia Memiliki Peran Positif di Era Globalisasi

2. Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan

Sepanjang 2016 – 2022 total peserta pemantapan nilai-nilai kebangsan adalah 6.351 orang. Pemantapan nilai-nilai kebangsaan dilakukan Lemhannas RI menjangkau seluruh komponen bangsa yang memiliki latar belakang pendidikan dan profesi berbeda-beda, seperti kalangan birokrat, akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pengusaha, pondok pesantren, dokter, pegawai BUMN, dan unsur media.

3. Penyelenggaraan Pengkajian Strategis

Sepanjang 2016 hingga 2022 capaian kajian Lemhannas RI berjumlah 48 kajian. Pengkajian strategis ditujukan untuk memberikan masukan kepada pemerintah pusat/daerah dan kementerian/lembaga nasional yang bersifat konsepsional mengenai berbagai permasalahan nasional, regional, dan internasional guna menjamin keutuhan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Penyelenggaraan Pengukuran Ketahanan Nasional

Pada tahun 2016 - 2021 telah dilakukan pengukuran ketahanan nasional di 34 Provinsi di Indonesia. Data hasil pengukuran ketahanan nasional digunakan sebagai peringatan dini terhadap ketahanan daerah maupun nasional akibat adanya Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT).

5. Laporan Keuangan Lemhannas RI

Lemhannas RI berhasil meraih opini BPK yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut mulai tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Wajar Tanpa Pengecualian adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material.

Baca juga: Lemhanas Gelar Jakarta Geopolitical Forum 2021

6. Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Lemhannas RI

Pada tahun 2021, capaian Nilai SAKIP Lemhannas RI adalah 62,31. Hasil evaluasi AKIP tahun 2020 Lemhannas RI menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran Lemhannas RI menunjukkan hasil yang cukup baik.

7. NIlai Indeks Integritas

Pada Oktober 2021, telah dilaksanakan Survei Penilaian Integritas secara online oleh KPK RI yang menempatkan Lemhannas RI pada peringkat kedua dengan perolehan capaian indeks 88,05 untuk kategori Lembaga Non Kementerian.

Baca juga: Gubernur Lemhanas Laporkan Hasil PPRA LXII dan PPSA XXIII ke Presiden Jokowi

8. Nilai Indeks Reformasi Birokrasi

Capaian evaluasi reformasi birokrasi Lemhannas RI mendapat nilai 67,31. Capaian evaluasi reformasi birokrasi merupakan penilaian kemajuan program reformasi birokrasi dalam rangka mencapai sasaran yaitu mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, serta birokrasi yang mampu memberikan pelayanan bagi publik.

9. Keterbukaan Informasi Publik

Lemhannas RI berhasil meraih kualifikasi menuju informatif, kategori lembaga negara dan lembaga pemerintah non kementerian dalam anugerah keterbukaan informasi publik tahun 2021 dengan nilai 81,87. Sebelumnya, selama 3 tahun berturut-turut, Lemhannas RI berada pada kualifikasi cukup informatif dan tahun 2021 berhasil meningkatkan diri menjadi menuju informatif.

Menurut Marsdya TNI Wieko Syofyan, capaian prestasi yang telah diraih selama kepemimpinan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo akan menjadi motivasi bagi seluruh personel Lemhannas RI dengan memberikan pengabdian terbaik untuk kemajuan Lemhannas RI.

Marsdya TNI Wieko Syofyan mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan bimbingan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo selama menjabat sebagai Gubernur Lemhannas RI.

“Saya beserta seluruh keluarga besar lemhannas RI, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Agus Widjojo, beserta Ibu Ranny Agus Widjojo atas pengabdian dan bimbingannya selama ini,” kata Marsdya TNI Wieko Syofyan.

Baca juga: Agus Widjojo: Independen adalah Memiliki Kebebasan Tetapkan Keputusan

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini