Share

Sesajen di Kaki Gunung Semeru Dibuang, Tumpulnya Rasa Keberagaman

Widya Michella, MNC Media · Kamis 13 Januari 2022 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 337 2531688 sesajen-di-kaki-gunung-semeru-dibuang-tumpulnya-rasa-keberagaman-sY8zxFEhy0.jpg Sesajen di kaki Gunung Semeru dibuang oleh dua orang pria (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid menyesalkan tindakan seseorang yang menendang dan membuang sesajen di kaki Gunung Semeru. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan tumpulnya rasa kesadaran keberagamaan dalam masyarakat yang majemuk.

Padahal Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam suku, adat istiadat, budaya dan agama. Hal tersebut menuntut adanya sikap toleransi dimana menunjukkan keterbukaan untuk menerima, mendengar dan menghormati orang lain yang berbeda pandangan dan keyakinan dengan kita.

"Apa pun alasannya menendang sesajen itu satu bentuk tindakan yang tidak terpuji," kata Zainut dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/1/2022).

Ia menyampaikan seyogyanya bangsa Indonesia harus bisa saling menghormati perbedaan yang ada. Serta tidak bisa memaksakan semua orang untuk memiliki pemahaman dan keyakinan yang sama.

Baca Juga : Polisi Kantongi Identitas Pria Buang Sesajen di Semeru, Ini Namanya

Sebab Islam melarang umatnya untuk mencela apalagi menistakan agama lain, termasuk melakukan tindakan-tindakan yang menjurus terhadap penghinaan terhadap agama lain.

Bahkan Islam pun lanjut Zainut mengajarkan dakwah dengan cara yang baik (ma'ruf), begitu juga mencegah kemungkaran harus dengan cara yang baik, tidak boleh dengan cara yang mungkar.

"Saya mengapresiasi langkah kepolisian yang cepat bergerak untuk menangkap yang bersangkutan agar mempertanggung jawabkan perbuatannya," ucap dia.

Terakhir ia mengimbau agar masyarakat tidak melakukan tindakan yang menganggu kerumunan umat beragama di Nusantara.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu kerukunan antarumat beragama," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini