Seragam Satpam Ganti Warna, Peraturan Kepolisian Dikeluarkan Lebih Dulu

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 13 Januari 2022 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 337 2531629 seragam-satpam-ganti-warna-peraturarn-kepolisian-dikeluarkan-lebih-dulu-6tXbAV5KMX.jpg Ilustrasi (Foto : MPI)

JAKARTA - Polri memastikan peresmian perubahan warna seragam Satpam dari cokelat muda menjadi krem, setelah dikeluarkannya Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol).

"Nah, kapan itu rencananya akan diganti, tentu kalau itu jadi, akan dikeluarkan dulu peraturan kepolisian atau perpol, Peraturan Kepolisian yang mengatur tentang seragam Satpam dan efektifnya diberlakukan setahun setelah Perpol nantinya terbentuk," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada awak media dikantornya, Jakarta Selatan, Kamis (13/1/2022).

Ramdhan kembali menjelaskan, pergantian seragam Satpam yang ada saat ini lantaran dinilai sangat mirip dengan seragam Polri. Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan masyarakat.

Atau dengan kata lain, kata Ramadhan, masyarakat merasa bingung untuk membedakan mana Polisi dan Satpam.

"Jadi untuk membedakan pakaiannya rencananya lebih muda sedikit dari baju Polri, dengan celana tetap sama, coklat muda atau agak krem begitu," ujar Ramadhan.

Baca Juga : Disebut Mirip Polisi, Warna Seragam Satpam Akan Diubah dari Coklat Jadi Krem

Warna seragam coklat muda sendiri sebenarnya belum terlalu lama diterapkan. Pasalnya, Perubahan seragam Satpam itu diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Kapolri Jenderal Idham Azis kala itu, menginstruksikan perubahan seragam Satuan Pengamanan atau Satpam menjadi warna cokelat muda. Seraga baru satpam ini serupa dengan seragam kepolisian lengkap dengan pangkatnya di pundak.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini