Ini Alasan Polri Ingin Ganti Lagi Warna Seragam Satpam

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 13 Januari 2022 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 337 2531519 ini-alasan-polri-ingin-ganti-lagi-warna-seragam-satpam-RZSRJxZl5O.jpg Foto: istimewa

JAKARTA - Warna seragam satpam rencananya akan kembali diganti dari cokelat muda menjadi krem. Polri sebagai pembinaan profesi itu kini sedang melakukan pengkajian terkait perubahan tersebut.

Warna seragam coklat muda sendiri sebenarnya belum terlalu lama diterapkan. Pasalnya, Perubahan seragam Satpam itu diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Baca juga: Disebut Mirip Polisi, Warna Seragam Satpam Akan Diubah dari Coklat Jadi Krem

Kapolri Jenderal Idham Azis kala itu, menginstruksikan perubahan seragam Satuan Pengamanan atau Satpam menjadi warna cokelat muda. Seraga baru satpam ini serupa dengan seragam kepolisian lengkap dengan pangkatnya di pundak.

"Bahwa masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada awak media, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Curhatan Satpam Viral di Medsos Gegara Diejek Seragamnya Mirip Polisi 

Kebijakan pun bakal diubah. Pasalnya, Ramadhan menyebut, perubahan warna seragam satpam tersebut karena adanya masukan dan keluhan dari masyarakat yang sulit membedakan antara satpam dan personel kepolisian.

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri. Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," ujar Ramadhan.

Dalam hal ini, Ramadhan menuturkan, satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Terkait seragam itu, kata Ramadhan, nantinya akan dipastikan pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) satpam.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," tutup Ramadhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini