Share

Profil Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud yang Kena OTT KPK

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 13 Januari 2022 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 337 2531490 profil-bupati-penajam-paser-utara-abdul-gafur-mas-ud-yang-kena-ott-kpk-rmx29YQekO.jpg Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud. (Foto : Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu (12/1/2022). Dalam kegiatan itu, KPK mengamankan 11 orang. Salah satunya Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud. OTT tersebut diduga terkait penerimaan suap dan gratifikasi.

Penajam Paser Utara (PPU) adalah kabupaten di Kalimantan Timur yang dipilih Presiden Joko Widodo sebagai ibu kota baru. Saat ini PPU dipimpin Bupati H Abdul Gafur Mas'ud untuk periode 2018-2023.

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Abdul dikenal sebagai pengusaha. Ia merupakan pemilik PT Petro Perkasa Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang perminyakan.

Pria kelahiran 7 Desember 1987 ini juga aktif di sejumlah organisasi. Ia pernah menjabat Wakil Koordinasi Tetap Indonesia Wilayah Timur KADIN, Wakil Bendahara Umum BPP HIPMI Pusat, dan Ketua BPC HIPMI Balikpapan Periode 2015–2018.

Selain itu, Abdul terlibat di bidang kemanusiaan. Ia pernah menjadi Bendahara Umum Palang Merah Indonesia Balikpapan.

Baca Juga : Abdul Gafur Mas'ud, Bupati Sekaligus Pengusaha Muda yang Terjaring OTT KPK

Bungsu dari 8 bersaudara ini menghabiskan masa kecilnya di Kampung Baru, Balikpapan. Ia sempat mengenyam pendidikan di Darunnajah Islamic Boarding School Jakarta, kemudian ke SMA Muhammadiyah 1 Samarinda.

Selepas sekolah, Abdul kuliah S1 jurusan ekonomi di STIE APRIN Palembang, Sumatera Selatan. Untuk jenjang S2, dia merampungkan studi di Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur.

Abdul memulai debut politiknya dengan bergabung di Partai Demokrat pada 2015. Sejak itu, karier ayah lima anak ini meroket. Ia menempati posisi Ketua DPC Partai Demokrat Kota Balikpapan pada 2016, sekaligus menjadi ketua DPC termuda se-Indonesia.

Pada 2018, Abdul terpilih sebagai bupati yang memimpin Kabupaten Penajam Paser Utara hingga 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini