Share

Abdul Gafur Mas'ud, Bupati Sekaligus Pengusaha Muda yang Terjaring OTT KPK

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 13 Januari 2022 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 337 2531454 abdul-gafur-mas-ud-bupati-sekaligus-pengusaha-muda-yang-terjaring-ott-kpk-NPnL8cBAEA.jpg Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud (foto: dok Antara)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di daerah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud terjaring dalam operasi senyap tersebut.

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, Abdul Gafur Mas'ud merupakan Bupati Penajam Paser Utara untuk periode 2018 hingga 2023 mendatang. Pria kelahiran asli Kalimantan Timur itu berasal dari Partai Demokrat.

 Baca juga: Ketua KPK Benarkan Tangkap Bupati Penajam Paser Utara

Dalam karir politiknya, Abdul Gafur Masud, adalah seorang pengusaha muda yang telah malang melintang di berbagai organisasi baik daerah maupun nasional, dan memulai karir politiknya dengan menjadi kader Partai Demokrat pada tahun 2015.

Ia kemudian terpilih menjadi ketua DPC Partai Demokrat Kota Balikpapan pada tahun 2016 dan menjadi ketua DPC termuda di Indonesia.

Baca juga: OTT di Penajam Paser Utara, KPK Sita Sejumlah Uang 

Abdul Gafur mengenyam pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Muhammadiyah 1 Samarinda dan melanjutkan ke STIE APRIN Palembang mengambil jurusan S1 Ekonomi.

Kemudian melanjutkan pendidikannya dengan menempuh jenjang S2 Magister Ekonomi di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Adapun organisasi dan jabatan yang diemban oleh Abdul Gafur diantaranya adalah, pemilik PT Petro Perkasa Indonesia, Ketua BPC HIPMI Balikpapan Periode 2015–2018, Wakil Bendahara Umum BPP HIPMI Pusat, Wakil Koordinasi Tetap Indonesia Wilayah Timur KADIN.

Kemudian, Bendahara Umum PMI Balikpapan, Ketua Lemhanas Angkatan 6, Ketua Pengusaha Pemuda Pancasila Balikpapan, Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Alam Dan Mineral KKSS Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan, Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara Periode 2018–2023, dan Ketua Umum ASPEKSINDO Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan Dan Pesisir Seluruh Indonesia.

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron mengatakan, Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di daerah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu, 12 Januari 2022, malam.

Menurut Ghufron, pejabat di daerah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur diduga menerima suap dan gratifikasi.

"Melakukan giat tangkap tangan terhadap penyelenggara negara di wilayah Penajam Paser Utara atas dugaan penerimaan suap dan gratifikasi," kata Ghufron saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Kamis (13/1/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini