Share

Kemenkes Klaim Hari Pertama Vaksinasi Booster Berjalan Lancar

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 13 Januari 2022 04:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 337 2531379 kemenkes-klaim-hari-pertama-vaksinasi-booster-berjalan-lancar-aAClik2gec.jpg Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA - Pemerintah telah memulai penyuntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 (booster) kemarin, Rabu 12 Januari 2022. Pelaksanaan vaksinasi booster hari pertama berjalan dengan lancar.

“Belum (ada laporan kendala). Ya so far berjalan lancar,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: Dinkes Sebut Vaksin Booster Terbuka untuk Warga Non-KTP DKI Jakarta

Ditanyakan berapa jumlah masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi booster di hari pertama, Nadia mengaku belum mendapatkan jumlah detailnya. Namun, dia memastikan daerah-daerah yang telah memenuhi kriteria telah melaksanakan penyuntikan vaksinasi.

“Datanya (jumlah yang divaksinasi booster) belum terinfo aku yaa. Daerah-daerah yang sudah memenuhi kriteria yaa (telah melaksanakan) yakni minimal 70% dosis 1 seluruh sasaran dan 60% dosis lansia,” tuturnya.

Dalam rangka meningkatkan kekebalan masyarakat menghadapi Covid-19, pemerintah memperluas cakupan vaksinasi booster. Dari yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, saat ini diberlakukan bagi masyarakat luas.

Baca Juga:  Gelar Vaksin Booster, Pemprov DKI Gandeng TNI/Polri

Namun begitu, vaksinasi booster akan diprioritaskan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan terlebih dulu. Selain itu, juga diberikan secara gratis. Syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk calon penerima vaksin dosis ketiga ini adalah sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini