Ganti Nama Operasi Damai Cartenz, Polri Bakal Bina Masyarakat Papua

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 12 Januari 2022 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 337 2531306 satgas-nemangkawi-berganti-operasi-damai-cartenz-polri-bina-orang-asli-papua-4HgZaVnGr6.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Polri mengganti nama Satuan Tugas (Satgas) Operasi Nemangkawi menjadi Damai Cartenz 2022. Terkait hal itu, nantinya polisi akan menjadikan masyarakat sebagai target pembinaan. 

"Sebagai target operasi, maksudnya target pembinaan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Menurut Ramadhan, anggota Polri yang terlibat dalam Operasi Damai Cartenz akan membina masyarakat Papua dalam berbagai bidang. Itu termasuk bidang pertanian dan kesejahteraan. 

"Jadi ada upaya-upaya Polri bersama masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang tujuannya menyejahterakan masyarakat. Namanya itu bimas noken atau pendekatan kepada masyarakat," ujar Ramadhan. 

Operasi Damai Cartenz berlaku selama enam bulan mulai 25 Januari 2022. Operasi itu berlaku saat berakhirnya Operasi Nemangkawi.

Baca juga: Polri Ubah Nama Operasi Pemburu KKB Papua Jadi Damai Cartenz

Polri belum membeberkan pola kerja dan jumlah personel yang dilibatkan dalam operasi tersebut. Namun, Ramadhan menyebut cara bertindaknya persuasif dan preventif dengan mengedepankan fungsi intelijen, bimas, dan humas.

"Didukung fungsi lain yakni preventif, Sabhara, dan penegakan hukum (gakkum). Jadi, gakkum itu sebagai fungsi pendukung," ujar Ramadhan. (fkh)

Baca juga: Panglima TNI Kirim Pesan Tegas untuk Satgas Papua, Begini Isinya

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini