Share

Misteriusnya Sosok Mahapatih Gajah Mada, Kelahiran dan Kematiannya Tidak Diketahui Pasti

Tim Okezone, Okezone · Kamis 13 Januari 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 337 2531270 misteriusnya-sosok-mahapatih-gajah-mada-kelahiran-dan-kematiannya-tidak-diketahui-pasti-i7BkRNa5Wo.jpg Sketsa Gajah Mada ternyata bukan wajah aslinya (foto: ist)

JAKARTA - Gambar dan sketsa wajah Gajah Mada bertebaran di buku-buku sejarah. Namun, hingga kini belum ada yang tahu persis seperti apa sosok Gajah Mada sesungguhnya.

Penemuan terakota pipi di Trowulan yang disebut-sebut sebagai perwujudan wajah Gajah Mada sampai saat ini juga belum terbukti.

Wajah Gajah Mada dikenal sekarang ini disebut-sebut hanya rekaan Moh.Yamin, penulis buku “Gajah Mada Pahlawan Nusantara”. Ada kemiripan wajah Gajah Mada dengan wajah Moh.Yamin.

"Kemungkinan Yamin menggambarkan wajah Gajah Mada dari sisi karakternya yang keras dan tegas," kata PNA Mas'ud Thoyib Jayakarta Adiningrat, Budayawan yang juga Pengageng Kedaton Jayakarta.

Selain wajah, asal-usul Gajah Mada juga masih misterius. Arkeolog yang juga sejarawan Fakultas Sejarah Universitas Indonesia (UI) Agus Aris Munandar menuliskan, bahwa secara arkeologis belum ditemukan data tentang asal Gajah Mada. Bahkan beberapa temuan prasasti-prasasti yang menyinggung tentang cerita Gajah Mada belum bisa digunakan untuk penelitian sejarah cikal bakal Gajah Mada.

Terdapat beberapa prasasti diantaranya, Prasasti Gajah Mada di situs Candi Singosari (Tahun 1351 M), Prasasti Relief Mahameru (Pawitra) yang menjelaskan Mahameru sebagai titik asis mundi.

Candi Tikus di situs Trowulan yang gayanya mirip Candi Singosari. Candi Kepung 7 meter di muka tanah sangat dekat dengan Candi Tikus di Kepung Kediri. Ada lagi Prasasti Hemadwalandit, Prasasti Bendodari (Tahun 1360 M).

Selama ini tidak ada bukti arkeologis yang ditemukan tentang Gajah Mada. Ada yang menduga berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Di daerah Desa Modo dan sekitarnya termasuk Desa Pamotan, Desa Ngimbang, Desa Bluluk, Desa Sukorame ada cerita rakyat. Cerita itu mengisahkan bahwa Gajah Mada adalah kelahiran wilayah Desa Modo.

Kelima desa itu merupakan daerah ibu kota sejak didirikan jaman Kerajaan Kahuripan Erlangga. Ada juga daerah yang mengakui sebagai tempat meninggalnya Gajah Mada seperti dari Buton, dari Wange-wange Bali.

Ada yang mengatakan bahwa Gajah Mada adalah keturunan pasukan Tor-Tor. Akhir hidup Gajah Mada juga tidak diketahui. Gajah Mada tidak diketahui mempunyai istri dan keturunan. Tidak diketahui juga saat meninggal.

Tidak ada yang tahu lokasi perabuannya. Ada juga pertanyaan tentang di mana Gajah Mada menghabiskan sisa hidupnya setelah tidak menjadi Mahapatih. Tidak ada candi yang didirikan untuk mengenang Gajah Mada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini