Pemerintah Terapkan Kebijakan High Alert Jika Keterisian RS Capai 30 Persen

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 12 Januari 2022 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 337 2531050 pemerintah-terapkan-kebijakan-high-alert-jika-keterisian-rs-capai-30-persen-ta4a0CvMLW.jpg Menko Marinves, Luhut Binsar (foto: istimewa)

JAKARTA - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan menerapkan kebijakan high alert jika keterisian tempat tidur di rumah sakit mencapai 30% karena Covid-19 varian Omicron.

"Kami akan terus memonitor secara ketat perkembangan kasus dan akan mengambil langkah-langkah antisipasi yang diperlukan. Perawatan di RS akan menjadi salah satu indikator utama. Kami akan high alert ketika BOR mendekati 20-30%," ujar Luhut melalui konferensi video yang dilihat pada Rabu (12/1/2022).

Luhut berujar, kasus positif varian Omicron di Indonesia melonjak jadi 802 kasus. Sebagian besar masih disumbangkan oleh pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Dari 537 kasus di Jakarta, 435 di antaranya berasal dari PPLN.

"Oleh karenanya, kami sekali mengimbau masyarakat untuk tidak berpergian dulu keluar negeri dalam dua, tiga minggu ke depan," terang dia.

Baca juga: Luhut Wanti-Wanti Kasus Omicron Bisa Memperlambat Pemulihan Ekonomi

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan vaksinasi booster dan skrining ketat PPLN adalah kunci untuk menahan laju penularan Omicron. Khusus untuk karantina, Jokowi ingin hal itu dilakukan secara ketat sehingga jangan sampai ada importasi kasus yang lolos ke masyarakat.

Baca juga: Luhut Perintahkan PLN Batu Bara Dibubarkan, Begini Kata Dirut PLN

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini