Kemenkes Jamin Stok Vaksin Booster Memadai

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 12 Januari 2022 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 337 2530968 kemenkes-jamin-stok-vaksin-booster-memadai-Ycq9jQigRh.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Maxi Rein Rondonuwu meninjau langsung kick off vaksinasi booster Covid-19 atau dosis ketiga di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Maxi mengklaim bahwa stok vaksin booster sangat memadai. Kurang lebih ratusan juta dosis sudah siap.

"Kalau ketersediaan vaksin untuk booster kita memadai sekali. Saat ini kita masih ada hampir 130-an juta dosis sudah siap Biofarma," kata Maxi kepada wartawan di lokasi, Rabu (12/1/2022).

Kemudian, Maxi juga mejabarkan jenis vaksin kombinasi untuk dosis ketiga.

"Dosis 1-2 Sinovac dibooster dengan half dose Pfizer maupun AstraZeneca. Jadi di sini juga bisa juga dengan Pfizer, juga bisa dengan AstraZeneca," ujarnya.

"Itu untuk Januari ini ya. Nanti kita lihat yang sudah dapat AstraZeneca (booster-nya) bisa dengan AstraZeneca juga, bisa dengan Moderna," tambahnya.

Lebih lanjut, Maxi menekankan bahwa saat ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) vaksin booster diprioritaskan untuk lansia. Sebab, berisiko tinggi ditengah lonjakan kasus varian Omicron.

"Sesuai arahan Pak Presiden, memang kita mulai dengan tahapan yang berisiko tinggi. Apalagi dengan Omicron ini yaitu lansia dan compromised. Ini jadi prioritas pertama dan memang target sasaran kita kan semua yang di atas 18 tahun yang sudah mendapatkan vaksinasi primer dosis 1 dan dosis 2 maupun dosis 1 — Jadi itu semua akan dapat di atas 18 tahun. Tapi prioritas awalnya memang lansia," tuturnya.

(kha)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini