Share

Pastikan Stok Vaksin Booster Aman, Istana: Kita Miliki Persediaan Cukup Besar

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 11 Januari 2022 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 337 2530709 pastikan-stok-vaksin-booster-aman-istana-kita-miliki-persediaan-cukup-besar-g7kR6j12xX.jpg Kepala Staf Presiden Moeldoko (Foto: KSP)

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan pemerintah memiliki stok vaksin booster yang cukup dan tidak kedaluwarsa. Ia pun meminta masyarakat menyambut baik program ini.

"Oh enggak-enggak. Kita memiliki persediaan vaksin yang cukup besar. Cukup besar, cukup, ada memang vaksin yang diantisipasi itu apa kedaluwarsa, itu pak Menteri Kesehatan sudah melaporkan kepada pak Presiden, jumlahnya sudah jelas semuanya," ujarnya di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Moeldoko menjelaskan pemerintah selalu gerak cepat dalam melakukan vaksinasi. Jika ada vaksin yang hampir kedaluwarsa maka itu akan dipilah tersendiri dan tidak akan diberikan ke masyarakat. Karena itulah keamanan vaksin tersebut bisa dijaminkan oleh pemerintah.

Moeldoko memastikan pemerintah akan mengerahkan kekuatan penuh untuk menyukseskan vaksinasi booster ini. Di antaranya ialah melibatkan TNI, Polri, Badan Intelijen Negara (BIN) hingga Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca juga: Vaksinasi Booster Digelar Besok, Istana: Omicron di Depan Mata

"Ya sebenarnya menggunakan semua kekuatan negara yang ada. Di antaranya ada memberikan kuota kepada kepolisian 25 persen, TNI 25 persen, BIN 25 persen, dan Kementerian Kesehatan 25 persen. Semuanya bergerak bersama-sama," tuturnya.

Meski demikian, Moeldoko mengakui ada sejumlah daerah yang masih harus digas lagi vaksinasinya. Di antaranya Provinsi Papua, Papua Barat, Aceh, dan Maluku. "Perlu segera digas lagi," tegas Moeldoko.

Baca juga: Vaksinasi Booster Dimulai Besok, Ini Jenis Vaksin yang Digunakan

Sebagai informasi, vaksin booster akan diberikan kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari enam bulan. Pelaksanaanya dimulai Rabu (12/1/2022)

Vaksinasi booster diberikan kepada kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya telah memenuhi kriteria 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua. Adapun jenis vaksin yang digunakan merk Corona Vac (Sinovac), AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan Zifivak.

Baca juga: Menkes Pastikan Pemberian Vaksin Booster Dapat Tingkatkan Antibodi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini