Share

Gratiskan Vaksin Booster, Jokowi: Keselamatan Rakyat Adalah yang Utama

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 11 Januari 2022 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 337 2530502 gratiskan-vaksin-booster-jokowi-keselamatan-rakyat-adalah-yang-utama-l1dbsqDznW.jpg Presiden Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasan dirinya memutuskan pemberian vaksin booster gratis untuk seluruh lapisan masyarakat. Kata dia, kebijakan ini diambil karena keselamatan rakyat adalah hal utama.

"Saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama," ujarnya saat jumpa pers, Selasa (11/1/2022).

Jokowi menuturkan, pemberian vaksin booster saat ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, lansia dan kelompok rentan lainnya. Setelah itu program ini baru menyasar ke masyarakat umum.

Vaksin booster diberikan kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari enam bulan. Pelaksanaanya dimulai Rabu (12/1/2022)

Ia pun mengingatkan masyarakat tetap berdisiplin menjaga prokes meski sudah divaksin.

Baca juga: Jokowi: Vaksinasi Booster Penting karena Covid-19 Terus Bermutasi

"Meski sudah divaksin saya ingatkan masyarakat disiplin prokes menjaga jarak cuci tangan karena vaksinasi dan disiplin prokes merupakan kunci atasi pandemi," jelasnya.

Baca juga: Presiden Jokowi: Vaksinasi dan Disiplin Prokes Kunci Atasi Pandemi

Vaksinasi booster diberikan kepada kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya telah memenuhi kriteria 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua. Adapun jenis vaksin yang digunakan merk Corona Vac (Sinovac), AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan Zifivak.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini