Share

Kasus Ujaran Kebencian, Ustadz Yahya Waloni Divonis 5 Bulan Penjara

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 11 Januari 2022 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 337 2530463 kasus-ujaran-kebencian-ustadz-yahya-waloni-divonis-5-bulan-penjara-nfInMiUFIw.jpg Ustadz Yahya Waloni saat sidang vonis secara daring (foto: tangkapan layar)

JAKARTA - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang dugaan ujaran kebencian dengan terdakwa Ustadz M Yahya Waloni, dengan agenda vonis. Hasilnya, Ustadz Yahya divonis 5 bulan penjara, Selasa (11/1/2022).

"Menjatuhkan vonis terhadap terdakwa, pidana penjara selama lima bulan," ujar ketua majelis hakim di persidangan.

Baca juga:  Tok! Hakim PN Jaksel Kabulkan Pencabutan Praperadilan Ustadz Yahya Waloni

Hakim menilai, Ustadz Yahya terbukti secara sah melakukan tindak pidana dengan sengaja memberikan informasi yang dapat menimbulkan rasa kebencian atau kelompok masyarakat tertentu. Selain itu, Ustadz Yahya juga dijatuhi denda Rp50 juta.

Adapun ketentuannya, jika tidak membayar denda, maka ia harus menggantinya dengan hukuman penjara selama satu bulan.

 Baca juga: Yahya Waloni Cabut Gugatan Praperadilan atas Dugaan Penistaan Agama

"Dengan ketentuan apabila denda hukuman tidak dibayar maka diganti hukuman dengan hukuman penjara selama satu bulan," kata majelis hakim.

Sidang tersebut dilaksanakan di ruang 3 Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, yang mana Ustadz Yahya Waloni dihadirkan secara virtual di pengadilan. Adapun Yahya yang berada di Rutan Bareskrim Polri itu tampak mengenakan kemeja putih, peci hitam, dan memakai masker.

Adapun vonis lima bulan terhadap Ustadz Yahya Waloni tersebut dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim di persidangan. Vonis itu sejatinya lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yang mana Yahya dituntut JPU 7 bulan penjara di persidangan yang digelar pada Selasa, 28 Desember 2022 lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini