Share

Polri Ubah Nama Operasi Pemburu KKB Papua Jadi Damai Cartenz

Riezky Maulana, iNews · Senin 10 Januari 2022 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 337 2530047 polri-ubah-nama-operasi-pemburu-kkb-papua-jadi-damai-cartenz-NwuLKSbhJI.jpg Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (Foto : MNC Portal/Carlos Roy Fajarta)

JAKARTA - Polri berencana mengubah sandi Operasi Nemangkawi di Papua pada akhir bulan ini. Operasi itu nantinya diubah namanya menjadi Operasi Damai Cartenz 2022.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menyebutkan, peresmian operasi baru itu mulai berlangsung pada akhir bulan ini, 25 Januari.

"Operasi Nemangkawi ini berakhir dan namanya itu diganti jadi Operasi Damai Cartenz 2022, (nanti) 25 Januari," tutur Ramadhan kepada wartawan, Senin (10/1/2022).

Dia menambahkan, pola operasi ini akan lebih mengedepankan tindakan preventif dan persuasif kepada masyarakat Bumi Cendrawasih. Fungsi lain yang akan dilakukan, yaitu intelijen, pembinaan masyarakat, humas, dan beberapa lainnya.

"Cara bertindak yamg dikedepankan dalam Operasi Damai Cartenz ini persuasif dan preventif. Dengan kedepankan fungsi intelijen, fungsi bimas, dan fungsi humas dengan didukung fungsi lain," ucapnya.

Namun, untuk jumlah total personel yang akan dikerahkan masih dalam penggodokan. Begitu pula dengan rincian keseluruhan anggaran.

"Jumlah personelnya masih digodok. Rencana operasi sama rencana anggaran, itu lagi disusun. jadi rencana operasi itu pengajuannya dari Polda Papua," ujarnya.

Sebelumnya, Polri memperpanjang masa operasi Satgas Nemangkawi hingga 25 Januari 2022. Adapun operasi tahap II telah selesai pada 31 Desember 2021.

Baca Juga : Polri Perpanjang Masa Operasi Satgas Nemangkawi hingga 25 Januari

"Rencana diperpanjang sampai tanggal 25 Januari 2022, hari ini surat perintah (Sprint) turun," ujar Ramadhan, Senin (3/1/2022).

Dia mengatakan, masa operasi Satgas Nemangkawi bakal berjalan selama 25 hari ke depan berdasarkan hasil analisa dan evaluasi (Anev) yang dilakukan jajaran Polri bersama TNI sebelum masa operasi berakhir Desember 2021.

Dia menuturkan, waktu 25 hari tersebut menjadi masa persiapan kepolisian untuk melanjutkan operasi kewilayahan oleh Polda Papua.

"Nantinya Operasi Nemangkawi itu jadi operasi kewilayahan di bawah komando Polda Papua," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini